Follow Us

Ternyata Ini Penyebab Sakit Kepala Setelah Berlari, Sehingga Manfaat Lari Pagi Jadi Tak Maksimal

tantri - Minggu, 02 Oktober 2022 | 19:30
Manfaat lari pagi salah satunya yaitu dapat menyehatkan jantung
Freepik/Derich_Anrey

Manfaat lari pagi salah satunya yaitu dapat menyehatkan jantung

WIKEN.ID - Manfaat lari pagi dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan segar.

Selain itu, lari pagi juga bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, ada beberapa orang yang merasakan sakit kepala setelah berlari. Apakah kamu salah satunya?

Melansir dari Kompas.com, Dokter kedokteran olahraga di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital, Steven E. Mayer, M.D. menjelaskan, sakit kepala setelah olahraga adalah sakit kepala yang dipicu oleh semua jenis aktivitas fisik.

"Sakit kepala ini lebih sering terjadi pada seseorang yang melakukan aktivitas fisik berat dibandingkan aktivitas ringan, dan berlari tentunya dianggap sebagai salah satu jenis aktivitas yang lebih berat," katanya, seperti dilansir Runner's World yang dikutip oleh Kompas.com.

Saat usai berolahraga lalu merasakan sakit kepala, bisa saja terjadi karena aktivitas olahraganya atau dipicu oleh faktor lain, misalnya melihat layar, menggemeretakkan gigi, atau penyakit yang lebih serius, seperti peradangan, infeksi atau cedera.

"Penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala ini muncul dengan lebih banyak rasa seperti berdenyut daripada rasa sakit tajam yang menyakitkan,” kata ahli fisiologi olahraga dan direktur penelitian klinis di NYIT College of Osteopathic Medicine, Joanne Donoghue, Ph.D.

Walaupun begitu, saat sakit kepala tentu membuat aktivitas kita menjadi terhenti karena tidak nyaman.

Biasanya saat sakit kepala, kita akan merasakan sensasi berdenyut dan efek samping seperti mual, muntah, penglihatan ganda, dan leher kaku.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala setelah berlari, melansir dari Kompas.com.

Penyebab sakit kepala setelah berlari1. Perubahan aliran darah

Source : Kompas.com

Editor : Hafidh

Baca Lainnya

Latest