Follow Us

Buat Pemula Pelajari Hal Dasar Sebelum Memulai Olahraga Lari atau Jalan

tantri - Kamis, 31 Maret 2022 | 08:05
Ilustrasi olahraga berlari
SHUTTERSTOCK

Ilustrasi olahraga berlari

WIKEN.ID - Berbagai jenis olahraga memiliki manfaatnya masing-masing.

Satu hal yang pasti, dengan rutin berolahraga kamu akan mendapatkan dampak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Salah satu olahraga yang dikenal mudah dan murah untuk dilakukan yaitu olahraga berlari atau berjalan.

Manfaat yang kamu dapatkan dari olahraga ini anatara lain kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan tulang, hingga menunda penuaan dini.

Namun perlu kamu ketahui, walaupun olahraga berlari atau berjalan terbilang sederhana pada kenyataannya agak sedikit rumit dan membutuhkan pengetahuan yang tepat supaya tidak terjadi cedera.

Dikutip dari intisari.grid.id, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mempersiapkan diri sebelum memulai olahraga lari atau jalan.

Tetapkan tujuan

Tentukan sendiri tujuan yang akan dicapai, apakah harian atau mingguan. Setiap minggu, tingkatkan jumlah waktu untuk berlari dan kurangi jumlah waktu untuk berjalan.

Ketika mulai, harus fokus pada waktu bukan pada intensitasnya. Setelah dapat berjalan selama 30 menit atau lebih, mulailah berjalan cepat.

Investasi yang tepat

Kita tidak perlu membeli sepatu di luar jangkauan, yang harganya harus beberapa ratus ribu rupiah.

Pastikan saja sepatu yang kita pakai memiliki bantalan yang memadai untuk melindungi punggung dan tungkai bawah dari cedera.

Source : Intisari.grid.id

Editor : Pipit

Baca Lainnya

Latest