Follow Us

Simak Panduan untuk Pemula yang Ingin Memulai Berolahraga Secara Optimal

tantri - Jumat, 19 Agustus 2022 | 08:05
Mulailah rutin berolahraga demi kesehatan tubuhmu
Freepik.com

Mulailah rutin berolahraga demi kesehatan tubuhmu

WIKEN.ID - Rutin berolahraga merupakan hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan kamu.

Saat kamu melakukannya dengan rutin, akan mulai merasakan manfaat aktivitas fisik yang konsisten pada tubuh dan kesejahteraan dengan cepat.

Namun, untuk melakukan rutin berolahraga membutuhkan banyak tekad dan juga kedisiplinan.

Jika kamu sedang mempertimbangkan hal untuk mulai berolahraga namun tak tahu harus mulai dari mana, jawaban di bawah ini cocok untuk kamu simak yang melansir dari Healthline.

Jenis olahraga yang umum

Ada berbagai jenis olahraga, antara lain :

  • Aerobik. Inti dari setiap program kebugaran harus mencakup beberapa bentuk gerakan terus menerus. Contohnya termasuk berenang, berlari, dan menari.
  • Kekuatan. Latihan-latihan ini membantu meningkatkan kekuatan dan kekuatan otot. Contohnya termasuk latihan ketahanan, plyometrics, angkat besi, dan lari cepat.
  • Senam. Gerakan-gerakan ini biasanya dilakukan tanpa peralatan olahraga dengan menggunakan kelompok otot yang besar. Mereka dilakukan dengan kecepatan aerobik sedang. Contohnya termasuk lunges, situps, push-up, dan pull-up.
  • Latihan interval intensitas tinggi (HIIT). Jenis latihan ini termasuk pengulangan latihan intensitas tinggi yang singkat diikuti dengan latihan intensitas rendah atau waktu istirahat.
  • Kamp pelatihan. Ini adalah sirkuit intensitas tinggi berbasis waktu yang menggabungkan latihan aerobik dan resistensi.
  • Keseimbangan atau stabilitas. Latihan-latihan ini dirancang untuk memperkuat otot dan meningkatkan koordinasi tubuh. Contohnya termasuk Pilates, pose tai chi, dan latihan penguatan inti.
  • Fleksibilitas. Jenis latihan ini membantu pemulihan otot, mempertahankan rentang gerak, dan mencegah cedera. Contohnya termasuk yoga atau gerakan peregangan otot individu.
Bagaimana cara memulai ?

1. Periksa kesehatan kamu

Penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan kamu dan mendapatkan pemeriksaan medis fisik sebelum memulai latihan rutin.

Ini sangat penting bagi mereka yang baru melakukan aktivitas fisik yang berat dan kuat.

Pemeriksaan awal dapat mendeteksi masalah atau kondisi kesehatan apa pun yang dapat membuat kamu berisiko cedera saat berolahraga.

Source : Healthline

Editor : Pipit

Baca Lainnya

Latest