Follow Us

Rajin Bersepeda ke Tempat Kerja Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Jantung

Dewa - Senin, 04 April 2022 | 21:05
Bersepeda
piqsels

Bersepeda

WIKEN.ID - Belakangan ini rupanya banyak orang yang hobi bersepeda

Semenjak pandemi covid-19, banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan bersepeda.

Pasalnya bersepeda merupakan olahraga yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Penelitian dari University of Glasgow, Skotlandia, telah menemukan manfaat di balik pergi bekerja dengan sepeda.

Studi ini, yang sudah dipublikasikan di jurnal BMJ, menemukan bahwa mengendarai sepeda untuk pergi bekerja akan mengurangi risiko kanker sebanyak 45%, dan mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 46%

Studi ini dilakukan kepada 264.000 orang di Britania Raya, dengan menanyakan partisipan tersebut dengan cara apa mereka pergi bekerja, dan para peneliti terus meneliti para partisipan tersebut selama lima tahun.

Setelah 5 tahun, kasus serangan jantung, kanker dan kematian para partisipan dianalisis dan kemudian dikaitkan dengan cara mereka pergi bekerja. Hasilnya terbukti sangat menarik.

“Mereka yang bersepeda untuk pergi bekerja memiliki risiko lebih dari 40% lebih rendah untuk terserang penyakit jantung, dan kanker,” ujar Jason Gill, dari Institute of Cardiovascular and Medical Sciences University of Glasglow, Skotlandia, seperti yang dilansir dari cnbc.com.

Baca Juga: Inilah Deretan Makanan yang Perlu Dihindari Setelah Naik Sepeda

Gill lalu menambahkan bahwa hal ini bersifat kausal, dan penemuan ini juga menyarankan agar pemerintah membuat perjalanan dengan sepeda lebih mudah, seperti membuat jalur sepeda, sehingga dapat menghadirkan peluang besar untuk perbaikan kesehatan masyarakat.

Menurut WHO, 8,8 juta orang meninggal akibat kanker di tahun 2015, dan 30-50%-nya bisa dicegah oleh beberapa faktor, seperti olahraga rutin, menjaga berat badan ideal, dan mengurangi konsumsi alkohol.

Source : intisari

Editor : Dewa

Baca Lainnya

Latest