Follow Us

Bak Seribu Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Kardio Rupanya Mampu Bisa Menangkal Demensia

tantri - Minggu, 13 Maret 2022 | 20:44
ilustrasi kelas yoga
Freepik

ilustrasi kelas yoga

WIKEN.ID - Beberapa orang yang suka melakukan olahraga kardio biasanya tipe orang yang menikmati aktivitas seperti berjalan kaki ataupun bersepeda.

"Hampir semua gerakan dapat dianggap sebagai latihan kardiovaskular jika itu meningkatkan detak jantung dan memompa darah kita." Demikian kata instruktur kebugaran di 24 Hour Fitness di Folsom, California, Susan Bentley, CPT, dikutip dari Kompas.com.

"Kardio umumnya dilakukan melalui gerakan berirama berulang yang menggabungkan kelompok otot besar seperti kaki atau punggung," ujar dia.

Umumnya aktivitas kardio sama seperti mendayung, kelas yoga, atau berlari.

Jika kamu melakukannya secara konsisten (minimal 2,5 jam seminggu untuk orang dewasa), olahraga kardio dapat meningkatkan banyak sistem sistem tubuh, agar tetap sehat.

Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa manfaat melakukan olahraga kardio bagi tubuh.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Menurut CDC, penyakit kardiovaskular atau jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat.

Jadi, sangatlah bermanfaat mengetahui bahwa olahraga kardio dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Cardiology menyimpulkan, latihan aerobik adalah jenis latihan yang paling efektif untuk menurunkan masalah kesehatan terkait sindrom metabolik.

Bentley pun menyarankan kita untuk menemukan latihan aerobik yang kita sukai dan buat komitmen setidaknya dua kali seminggu untuk menuai hasil yang optimal.

"Konsisten melatih jantung menjadi lebih efisien. Dengan setiap latihan, jantung menjadi lebih baik dalam memompa darah beroksigen ke otot dan organ kita," kata dia.

Source : Kompas.com

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest