Follow Us

Cegah Cedera Permanen Saat Lakukan Hobi Berlari,Begini Posisi Tubuhnya

Alfa - Senin, 21 Februari 2022 | 17:07
iapan yang benar, alih-alih sehat, kamu malah berisiko menderita cedera permanen. Lalu bagaimana posisi yang tepat saat berlari?
unsplash.com

iapan yang benar, alih-alih sehat, kamu malah berisiko menderita cedera permanen. Lalu bagaimana posisi yang tepat saat berlari?

WIKEN.ID – Hobi berlari adalah kegiatan yang kaya manfaat. Selain itu hobi berlari adalah salah satu jenis olah raga yang simpel tak memerlukan peralatan. a banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan tanpa harus repot, salah satunya yakni berlari. Selain gampang diterapkan, lari juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, baik kesehatan fisik maupun kesehatan menta

Semua orang ingin hidup sehat dan panjang umur.

Namun, banyak yang beralasan bahwa hal tersebut sangat sulit untuk didapatkan.

Sejatinya, hidup sehat sangat mudah untuk didapatkan, salah satunya dengan rutin melakukan hobi berlari.

Dikutip dari laman huffpost.com, sebuah studi di Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa berlari lima menit sehari dapat meningkatkan kesehatan dan umur hampir sebanyak 150 menit seminggu.

Untuk melakukan aktivitas hobi berlari harus dilakukan persiapan yang baik.

Tanpa persiapan yang benar, alih-alih sehat, kamu malah berisiko menderita cedera permanen. Lalu bagaimana posisi yang tepat saat berlari?

1. Kepala: Tegakkan kepala kamu saat berlari. Posisi kepala menunduk atau menengadah terlalu lama berisiko menimbulkan cedera pada urat leher. Posisi menunduk saat berlari juga bisa menghambat masuknya udara melalui jalur pernapasan sehingga Anda akan cepat lelah.

2. Bahu: Tanpa sadar, terkadang kita berlari dengan posisi bahu terangkat. Padahal hal ini bisa mengakibatkan ketegangan otot di sekitar bahu dan leher sehingga muncul keluhan sakit kepala, nyeri leher, dan lain-lain. Untuk menghindarinya, posisikan bahu Anda dalam kondisi rileks.

3. Lengan: Kala berlari, hindari mengayunkan lengan kamu ke kanan dan kiri bak peragawati. Pasalnya, gerakan ini bisa memboroskan energi dan menghambat laju tubuh kamu ke depan.

Idealnya, tekuk kedua siku Anda hingga membentuk sudut 90? dan ayunkan lengan ke depan dan ke belakang mengikuti irama kaki saat berlari.

Editor : Alfa

Baca Lainnya

Latest