Follow Us

Wajib Bagi Pemula untuk Mengetahui Postur Lari yang Benar dan Aman

Dok Grid - Jumat, 08 September 2023 | 13:03
seorang sedang lari pagi
Pexels.com

seorang sedang lari pagi

WIKEN.ID - Jenis olahraga yang termasuk sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tak lain yaitu berlari.

Olahraga lari merupakan gerakan tubuh di mana pada saat semua kaki ada saat melayang di udara atau dalam suatu waktu kedua, telapak kaki terangkat dari tanah.

Sehingga manfaat lari pagi baik bagi tubuh terutama pada tulang kaki.

Ada dua tahapan dalam melakukan olahraga lari, yaitu topang dan melayang seperti yang dilansir dari buku Gerak Dasar Atletik (2007) karya Eddy Purnomo yang dikutip oleh Kompas.com.

Jika kamu pemula, sabaiknya perhatikan setiap tahapan dalam olahraga lari dan dilakukan dengan posisi badan secara benar, yang membuat pelari semakin cepat.

Supaya dapat dimengerti, berikut ini ada penjelasan mengenai bagaimana postur badan serta cara melakukan setiap tahapan ketika berlari yang dikutip Kompas.com:

Tahapan topang

Melalui tahapan topang ketika berlari, diharapkan seorang pelari mendapatkan dorongan besar ke depan serta hambatan kecil ketika menyentuh tanah.

Adapun tahapan topang ketika melakukan olahraga lari dibagi menjadi dua bagian, yakni topang depan dan dorong.

Bentuk tahapan topang ketika melakukan lari adalah mendarat pada telapak kaki, sementara lutut kaki penopang sedikit menekuk, kemudian ketika bertolak pinggang, sendiri lutut, dan mata kaki harus diluruskan.

Ayunan kaki kemudian dipercepat kemudian paha kaki mengarah dengan cepat menuju sebuah posisi horizontal.

Source : Kompas.com

Editor : Wiken

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular