Follow Us

Inilah Tips Olahraga Lari untuk Perempuan agar Berani Memulai dan Konsisten

Dok Grid - Jumat, 08 September 2023 | 10:39
Jangan lagi lakukan memasukan ponsel dalam saku supaya manfaat lari pagi mu maksimal
Freepik

Jangan lagi lakukan memasukan ponsel dalam saku supaya manfaat lari pagi mu maksimal

WIKEN.ID - Lari pagi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, baik kesehatan fisik maupun mental.

Namun bagi perempuan, lari terkadang menjadi hal yang sulit untuk dimulai dan dilakukan.

Kendati demikian, dalam melakukan olahraga untuk perempuan ini tetap harus memerhatikan caranya dengan tepat, agar supaya manfaat lari bisa didapatkan secara maksimal serta risiko terjadinya cedera dan rasa lelah bisa diminimalkan.

Untuk itu, berikut hal yang perlu lakukan jika ingin mulai rajin berlari sebagai olahraga rutin sehari-hari, seperti melansir dari laman Runner's World via Kompas.com.

  1. Memulai
Hal pertama yang dilakukan dalam melakukan aktivitas fisik ini adalah memulainya.

"Hal terbesar yang perlu kamu lakukan ketika memulai sesuatu adalah membangun kebiasaannya, kakimu harus terbiasa berlari," kata pelatih tersertifikasi dan pelatih lari di Mile High Run Club di New York dan Streets101, Matthew Meyer.

Tak perlu memasang target pada kecepatan tertentu, kamu bisa memulai berlari di luar ruangan atau dalam ruangan menggunakan treadmill dengan target waktu, misalnya 20 menit dan tiga kali seminggu.

Setelah itu, jika dirasa mampu mengikutinya, kamu bisa menambahnya menjadi empat kali seminggu lalu meningkatkan durasinya menjadi 25 menit.

Baca Juga: Banyak Manfaat Lari Pagi yang Didapat, Siapa Sangka Bisa Membangkitkan Mood Untuk Menjalani Hari Lho!

  1. Terapkan metode lari-jalan
Gordon Bakoulis, pelatih lari asal New York ini menyarankan untuk mulai dengan perlahan lalu tingkatkan secara perlahan pula.

Kebanyakan pelatih setuju bahwa program lari-jalan diperlukan untuk menjadi seorang pelari. Misalnya, target 20 menit dengan beberapa menit lari dan jalan kaki.

Editor : Wiken

Baca Lainnya

Latest