Follow Us

5 Cara Agar Tidak Mengalami Kram Saat Olahraga

tantri - Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:05
Manfaat lari pagi dapat dimaksimalkan jika kamu bisa menghindari kram saat lari
Freepik/Arthur Hidden

Manfaat lari pagi dapat dimaksimalkan jika kamu bisa menghindari kram saat lari

WIKEN.ID - Melakukan rutinitas olahraga membuat fisik serta mental kalian menjadi lebih sehat dan minim terserang penyakit.

Berbagai jenis olahraga disarankan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga, walaupun kadang masih bisa mengalami cedera.

Misalnya saja kram saat olahraga lari.

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya kram otot saat lari bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tak hanya di kaki namun bisa terjadi di perut maupun betis.

Supaya manfaat lari pagi kamu bisa maksimal dan terhindar dari kram, disarankan untuk melakukan beberapa cara agar terhindar dari kram saat berlari.

Melansir dari Bobo.grid, berikut ini menurut para pakar ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya terhindar dari kram.

1. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Hal pertama yang harus dilakukan agar terhindari dari kram ketika berlari adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Caranya adalah dengan mengonsumsi cukup air sepanjang hari, baik sebelum maupun setelah berlari.

Dehidrasi bisa menyebabkan kram karena saat tubuh kekurangan cairan, sel-sel tubuh tidak bisa berkoordinasi dengan baik yang menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit yang mengatur kontraksi otot.

Hal ini kemudian menyebabkan kontraksi otot atau otot menegang yang tidak sinkron sehingga terjadi kram otot.

2. Cukupi Kebutuhan Elektrolit

Ketika melakukan olahraga atletik, seperti lari, asupan elektrolit dalam tubuh kita juga harus tercukupi, lo.

Source : Bobo.grid.id

Editor : Wiken

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular