Follow Us

Banyak yang Menyepelekan, Ternyata Begini Cara Memenuhi Nutrisi Sebelum Memulai Olahraga Bersepeda!

Hafidh - Minggu, 12 Juni 2022 | 09:09
Ilustrasi bersepeda
DragonImages

Ilustrasi bersepeda

WIKEN.ID - Menjaga tubuh tetap bugar dan sehat bisa didapatkan dengan aktivitas fisik setiap hari.

Aktivitas fisik berguna menjaga fungsi tubuh tetap normal.

Setiap hari, tubuh kita memerlukan setidaknya tiga puluh menit aktivitas fisik, yang juga penting untuk kesehatan mental dan emosional.

Bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Dapat Perkataan Tak Menyengangkan Ini, Ivan Gunawan Sampai Malas Bersekolah, Kenapa Ya?

Selain dapat menikmati nuansa alam sekitar saat traveling bersama komunitas atau hanya menjaga kebugaran tubuh dengan sekedar berolahraga.

Namun perlu diperhatikan beberapa persiapan sebelum, sesaat, sampai setelah aktivitas bersepeda khususnya dalam konsumsi makanan.

dr. Noviani Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik dari Siloam Hospitals Jogjakarta menyarankan, jika biasa bersepeda dengan durasi lama dan intens sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan gula alami dengan nilai glikemik yang tinggi untuk energi siap pakai.

"Jadi sebelum bersepeda sebaiknya konsumsi makanan yang mudah dicerna agar dapat diserap menjadi glukosa sehingga menghasilkan energi," kata Noviani saat webinar bincang sehat secara daring, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Ivan Gunawan Blak-blakan Tak Mau Ada Pesta Pernikahan, Ayah Ayu Ting Ting Tak Terima, Begina Alasannya

Untuk rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi saat pagi hari jika akan berolahraga dengan bersepeda biasanya makanan yang berbahan karbohidrat dan protein yang rendah lemak seperti nasi/ roti, sedikit sayur dengan telur atau konsumsi susu.

"Untuk nutrisi sebaiknya yang perlu dipersiapkan harus dibedakan saat sebelum olahraga, pada saat olahraga, dan setelah berolahraga.

Editor : Hafidh

Latest