Follow Us

4 Jenis Makanan untuk Berbuka Puasa yang Cocok Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

tantri - Jumat, 15 April 2022 | 02:32
Ilustrasi berbuka puasa bersama dengan makanan sehat
SHUTTERSTOCK/Odua Images

Ilustrasi berbuka puasa bersama dengan makanan sehat

WIKEN.ID - Bagi umat muslim saat memasuki bulan Ramadhan, diwajibkan untuk berpuasa dengan tidak makan dan minum apapun sejak fajar hingga matahari terbenam.

Selama berpuasa, tubuh kita menggunakan simpanan karbohidrat (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan energi, setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari habis atau setelah sahur.

Pun dengan ginjal yang berperan untuk menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah urine yang keluar, hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat menyimpan air.

Hasil studi membuktikan mengenai efek puasa Ramadhan bagi kesehatan sangat beragam, tergantung dari lamanya puasa dan kondisi cuaca yang dialami berbeda-beda.

Beberapa penelitian menilai bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh selama Ramadhan.

Meskipun berat badan mereka cenderung kembali setelah Ramadhan jika tidak dibarengi dengan olahraga.

Melansir British Nutrition Foundation yang dikutip oleh Kompas.com, ketika berbuka puasa mulailah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Berikut ada pilihan makanan dan minuman yang baik untuk berbuka puasa, diantaranya:

1. Minuman

Pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah air putih, karena air putih memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan.

Selain itu minuman berbahan dasar susu dan buah-buahan, seperti jus buah atau es buah juga bisa menjadi pilihan menu berbuka.

Source : Kompas.com

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest