Follow Us

Ini Makanan yang Sebaiknya Disantap Sebelum Lari Pagi

Dok Grid - Rabu, 01 November 2023 | 13:13
Agar dapat mnfaat lari pagi, Jangan liupa isi periut dengan makanan yang tidak membutuhkan waktu cerna yang lama seperti pisang.
freepik

Agar dapat mnfaat lari pagi, Jangan liupa isi periut dengan makanan yang tidak membutuhkan waktu cerna yang lama seperti pisang.

WIKEN.ID - Berolahraga dengan minim budget dan mudah dilakukan, jawabannya adalah berlari.Olahraga lari bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, misalnya saja bisa lari sekitar rumah atau lingkungqn rumah kita.Meski murah dan sederhana, banyak manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat lari pagi, salah satunya adalah membuat tubuh akan lebih bugar.Selain hemat biaya, lari pagi juga mampu mengukur kemampuan tubuh kita.Tak banyak diketahui, berlari juga miliki risiko yang cukup tinggi.Mengutip Kompas.com, Penelitian menyimpulkan, berlari 5-10 menit dalam kecepatan sedang (sekitar 10 km perjam) setiap hari, akan berdampak positif bagi tubuh.Manfaatnya antara lain menurunkan risiko serangan jantung atau stroke, mengurangi risiko kanker, termasuk penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson.Meski sederhana, ada beberrapa hal yang wajib kamu perhatian sebelum lari pagi.

Baca Juga: Minum Air Kelapa Segar Setelah Olahraga Lari Justru Disarankan, Kenapa?

Apa yang harus dikonsumsi sebelum lari pagi?

Setidaknya pilih makanan yang tidak membutuhkan waktu cerna yang lama.

Agar makanan yang dikonsumsi bisa diproses menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum lari pagi:

  • Telur dadar
  • Roti gandum
  • Yogurt
  • Buah-buahan
  • Sereal gandum utuh, atau oatmeal dengan susu
  • Kacang-kacangan
  • Kopi
Mengonsumsi kafein seperti kopi sebelum lari juga bisa membantumu lari lebih kencang, bertenaga dan lebih lama.

Namun, beberapa orang mungkin tidak suka dan tidak biasa mengkonsumsi kafein sebelum berolahraga.

Jika kamu salah satunya, kamu bisa memilih mengkonsumsinya setelah olahraga.

Perlukah mengonsumsi makanan tinggi lemak sebelum lari pagi?

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tinggi lemak karena cenderung lama dicerna dan bisa membuat perut terasa tidak nyaman.

Makanan yang tinggi lemak, protein, dan serat, membutuhkan waktu c na lebih lama, begitu juga jumlah makanan yang banyak.

Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi makanan yang rendah lemak serta kalori, sekitar 3 hingga 4 jam sebelum olahraga, seperti roti gandum dengan telur atau sereal dengan susu.

Namun jika Anda melakukan olahraga di pagi hari dan tidak terbiasa mengonsumsi makanan berat, maka Anda dapat mengonsumsi makanan ringan 1 hingga 2 jam sebelum olahraga, seperti buah dengan yogurt rendah lemak, jus buah, atau sereal.

Editor : Wiken

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular