Follow Us

Jangan Lewatkan Sahur Agar Tetap Aktif Saat Puasa, IkutiCara Ini Agar Bisa Bangun Dini hari

Alfa - Senin, 11 April 2022 | 08:07
jika kita berolahraga secara teratur maka tidur yang berkualitas juga dapat dirasakan. Tetap aktif saat puasa  dengan Berolahraga adalah cara yang baik bagi tubuh untuk bernapas dengan benar dan mengurangi berat badan yang membantu kita tidur lebih nyenyak  dan tidak terlambat bangun
oustonmethodist.org

jika kita berolahraga secara teratur maka tidur yang berkualitas juga dapat dirasakan. Tetap aktif saat puasa dengan Berolahraga adalah cara yang baik bagi tubuh untuk bernapas dengan benar dan mengurangi berat badan yang membantu kita tidur lebih nyenyak dan tidak terlambat bangun

WIKEN.ID - Bulan Ramadhan adalah bulan wajib bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, terdapat beberapa pantangan seperti tidak boleh makan mulai terbit fajar hingga matahari tenggelam.Meski berpuasa tetap tak menghalangi untuk tetap aktif saat puasa.Berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga yang diwajibkan selama satu bulan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menyehatkan jantung, ginjal, hati dan beberapa organ penting lain, juga melancarkan peredaran darah.Dikutip dari dari Al Jazeera yang ditayangkan oleh kompas.com, para ahli menemukan bahwa membatasi asupan makanan di siang hari bisa mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, jantung, dan obesitas.Tidak mengonsumsi apapun selama beberapa waktu, tubuh bisa lebih berkonsentrasi untuk membuang racun.Hal itu disebabkan puasa memberikan jatah libur bagi sistem pencernaan untuk mencerna makanan dan minuman yang masuk.“Puasa memungkinkan usus untuk membersihkan dan memperkuat lapisannya,” ujar Claire Mahy, seorang ahli gizi.Berpuasa, juga merangsang proses autofagi atau pembersihan dari sel-sel yang sudah tua, rusak, atau berbahaya.

Sementara dikutip dari dari Medical News Today dan kompas.com, asupan kalori yang menurun, sel tubuh pun stres lantaran tidak cukup kalori untuk bisa berfungsi normal.Akhirnya, sel tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan cara mengurangi kebutuhan kalori yang digunakan untuk menjalankan fungsi tubuh. Kalori sedikit, maka energi menjadi minim. Oleh karena itu jangan lewatkan santap Sahur Agar tetap aktif saat puasa.

Beberapa orang merasa kesulitan untuk memulai sahurSalah satu faktornya adalah belum terbiasanya tubuh bangun di waktu subuh untuk mengawali ibadah puasa. Beberapa orang bangun terlalu mepet dengan waktu sahur, bahkan tidak sedikit yang melewatkannya karena tidur terlalu pulas. sahur sangatlah penting supaya tubuh tidak lemas dan tetap berenergi selama berpuasa, sebaiknya kita mulai membiasakan diri bangun lebih awal.Dengan demikian kamu tetap aktif saat puasa.Buat kamu yag masih susah bangun dini hari untuk sqhur, cobalah tips sederhana untuk bisa bangun pagi selama bulan puasa ini. Ingatlah bahwa sahur merupakan waktu yang penting.

Tips 1. Tidur lebih awalobalah untuk tidur di jam yang sama setiap malam hari. Memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan dirinya akan membuatmu terbangun lebih segar di setiap hari.Dengan tidur secara teratur, kamu akan terbiasa untuk bangun di jam yang sama ketika subuh walau tidak menghidupkan dering alarm. Ingatlah bahwa semakin sedikit waktu tidur dan mepet dengan jam sahur tentu akan membuatmu semakin sulit bangun dari tempat tidur.Tips2. Jangan tidur di sebelah hp yang difungsikan sebagai aalarm. posisi alarm seringkali ditempatkan di dekat kita tidur. Menempatkan alarm atau ponsel pintar dekat dengan kepala dan jangkauan tangan. Akibatnya saat dering alarm berbunyi kita dengan mudah akan mematikannya dan kembali tertidur. Agar hal tersebut tidak terjadi cobalah menempatkan alarm atau ponsel pintar yang digunakan sebagai alarm jauh dari tempatmu tidur. Saat alarm berbunyi, maka kamu akan perlu usaha untuk mematikannya dan hal ini akan memaksamu untuk bangun. mu Tips3. Jangan konsumsi kafein sebelum tidur.Minuman berkafein sebelum tidur Kopi dan teh merupakan dua minuman sehari-hari yang disukai banyak orang. Tapi, kandungan kafein di dalamnya dapat membuat kita sulit terlelap selama bulan puasa. Supaya kbisa tidur lebih awal tentunya konsumsi teh atau kafein harus dihindari sebelum waktu tidur. Tips 4. Tetap aktif saat puasa dengan Berolahraga.Berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi bugar dan pikiran semakin jernih. Di sisi lain, jika kita berolahraga secara teratur maka tidur yang berkualitas juga dapat dirasakan.

Tetap aktif saat puasa dengan Berolahraga adalah cara yang baik bagi tubuh untuk bernapas dengan benar dan mengurangi berat badan yang membantu kita tidur lebih nyenyak. Apabila ingin melakukanya disarankan untuk berolahraga sebelum berbuka atau sekitar jam sembilan malam. Mudah bukan? (*)

Baca Juga: Meski Puasa Tetap Melakukan Olahraga, Berikut Segudang Manfaat Bersepeda yang Didapat, Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes!

Baca Juga: Rahasia Kenyang Tahan Lama Saat Berpuasa, Mulai Sekarang Coba Ganti Makanan Sahurmu Dengan Ini

Editor : Alfa

Latest