Follow Us

Cobalah Konsumsi Makanan Sehat Ini Agar Tetap Aktif Saat Puasa

Alfa - Rabu, 06 April 2022 | 16:07
Inilah beberapa buah yang bisa dikonsumsi saat sahur agar tetap aktif selama berpuasa.
www.adityabirlacapital.com

Inilah beberapa buah yang bisa dikonsumsi saat sahur agar tetap aktif selama berpuasa.

WIKEN.ID - Bulan Ramadhan adalah bulan wajib bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, terdapat beberapa pantangan seperti tidak boleh makan mulai terbit fajar hingga matahari tenggelam. Meski berpuasa tetap tak menghalangi untuk tetap aktif saat puasa.Berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga yang diwajibkan selama satu bulan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menyehatkan jantung, ginjal, hati dan beberapa organ penting lain, juga melancarkan peredaran darah.Dikutip dari dari Al Jazeera yang ditayangkan oleh kompas.com, para ahli menemukan bahwa membatasi asupan makanan di siang hari bisa mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, jantung, dan obesitas. Tidak mengonsumsi apapun selama beberapa waktu, tubuh bisa lebih berkonsentrasi untuk membuang racun. Hal itu disebabkan puasa memberikan jatah libur bagi sistem pencernaan untuk mencerna makanan dan minuman yang masuk. “Puasa memungkinkan usus untuk membersihkan dan memperkuat lapisannya,” ujar Claire Mahy, seorang ahli gizi. Berpuasa, juga merangsang proses autofagi atau pembersihan dari sel-sel yang sudah tua, rusak, atau berbahaya.

Sementara dikutip dari dari Medical News Today dan kompas.com, asupan kalori yang menurun, sel tubuh pun stres lantaran tidak cukup kalori untuk bisa berfungsi normal. Akhirnya, sel tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan cara mengurangi kebutuhan kalori yang digunakan untuk menjalankan fungsi tubuh. Kalori sedikit, maka energi menjadi minim. Namun, sel tubuh harus tetap bekerja. Caranya, sel-sel tubuh akan membuang “sampah” dan bagian sel yang rusak, kemudian mendaurnya menjadi sel baru yang berfungsi lebih baik. Dengan begitu, sel tubuh bisa bekerja secara normal meski tidak mendapat asupan energi yang cukup selama belasan jam.Agar badan tetap fit dan bugar selama berpuasa dan tetap aktif, sebaiknya konsumsi buah saat sahur.Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan perlu menjadi prioritas selama bulan Ramadhan. Tujuannya tak hanya sebagai pemenuhan nutrisi harian, tapi bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh agar tidak lemas menjalani ibadah puasa seharian penuh. Menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan, kita dapat untuk melengkapi asupan buah untuk dikonsumsi saat sahur. Inilah beberapa pilihan buah yang baik dikonsumsi agar badan tetap fit dan segar selama berpuasa.

1. PisangMelansir buku Jus Buah & Sahur Peningkat Daya Tahan Tubuh (2020) dari Tuti Soenardi, buah pisang mengandung kadar gula yang cepat diserap tubuh untuk menjadi sumber tenaga.

Pisang juga sumber kalium yang sangat penting untuk menjaga fungsi sel di dalam tubuh. Khasiat ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pektin yang dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi.

2. Jambu biji jambu biji juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah yang berwarna merah muda ini tak hanya cocok dikonsumsi sebagai minuman jus atau dessert saat berbuka, melainkan bagus juga untuk sahur. Buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung kalium, lycopene, antikarsinogenik yang baik menjaga tubuh agar tetap bugar selama puasa.

3.JerukBuah jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa. Nutrisinya juga baik untuk menjaga tubuh agar tidak lemas selama berpuasa dan mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit.

Meski termasuk buah yang menyehatkan, tapi bagi yang memiliki riwayat penyakit asam lambung disarankan konsumsi jeruk setelah makan agar tidak memicu ketidaknyamanan di perut.

4. AlpukatAlpukat termasuk buah yang kaya serat. Banyak peneliti menyebutkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki alpukat juga bagus dalam mengontrol kadar kolesterol saat berpuasa. Buah alpukat dapat dijadikan campuran smoothie atau segelas kecil jus alpukat untuk dinikmati saat sahur.

5. ApelApel mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Editor : Alfa

Baca Lainnya

Latest