Follow Us

Telah Teruji, Sepeda Statis Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

tantri - Selasa, 22 Maret 2022 | 07:31
Ilustrasi olahraga sepeda statis
shutterstock

Ilustrasi olahraga sepeda statis

WIKEN.ID - Sepeda statis merupakan solusi terbaik jika kamu tak memungkinkan untuk berolahraga di luar rumah.

Sepeda statis juga salah satu olahraga yang banyak digemari.

Dalam hal meningkatkan kebugaran memang bersepeda jawabannya, namun apakah juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan?

Faktanya, sebuah studi dari jurnal Medical and Science in Sports and Exercise yang dikutip dari Kompas.com, menyatakan bahwa bersepeda selama 30-45 menit saja dapat meningkatkan BMR (Basal Metabolic Rate) kalori yang diperlukan untuk melakukan aktivitas dasar tubuh dan mempertahankannya sepanjang hari.

Mengapa demikian ? jadi ketika kamu mendorong dan menarik pedal sepeda, kamu akan menghadapi resistensi yang dapat membantu membangun otot dan juga meningkatkan kecepatan kamu membakar kalori.

Maka dari itu selanjutnya dapat mendorong terjadinya penurunan berat badan.

"Dibandingkan dengan jenis latihan kardio lainnya, bersepeda tidak memberi tekanan pada persendian Anda, namun tetap membangun kekuatan dan daya tahan. Jadi ini adalah pilihan olahraga low impact yang bagus," kata instruktur pelatih sepeda statis, Kate Rowe-Ham.

Menurut penilaiannya, bersepeda dalam ruangan bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk memulai program latihan.

Dan ketika berat badan kamu menurun, ada cara lain untuk menemukan bentuk latihan yang lebih sesuai untuk dilakukan seperti lari dan HIIT.

Lalu, mengapa sepeda statis baik untuk menurunkan berat badan ?

Melansir Live Science, menurut American Heart Association, bersepeda di dalam ruangan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular (penanda penting kesehatan fisik yang mengacu pada seberapa baik jantung, paru-paru, otot dan darah kamu bekerja sama saat kamu berolahraga).

"Sepeda statis baik untuk menurunkan berat badan, karena merupakan cara yang sangat efisien dan efektif untuk membakar kalori. Di tambah lagi, bersepeda adalah aktivitas aerobik kardiovaskular yang memiliki manfaat tambahan seperti memperkuat jantung, paru-paru, dan otot kamu," kata Kate.

Source : Kompas.com

Editor : Pipit

Baca Lainnya

Latest