Follow Us

Lari 12 Menit Biasanya Digunakan Untuk Tes Masuk TNI dan Polri, Berikut Tips Berlari Agar Tembus jarak Tempuh 3200 Meter!

Hafidh - Kamis, 10 Maret 2022 | 08:33
Ilustrasi berlari.
SHUTTERSTOCK

Ilustrasi berlari.

WIKEN.ID - Materi lari 12 menit biasanya digunakan pada tes masuk TNI, Polri, Taruna IPDN, pelayaran, dan penerbangan.

Lari 12 menit merupakan satu diantara bentuk tes fisik yang digunakan di dunia kemiliteran.

Pada tes tersebut, peserta akan diminta melakukan lari selama 12 menit dengan target 3200 meter atau sekitar 8 kali putaran lapangan sepak bola.

Agar kuat berlari selama 12 menit dan mencapai target 3200 meter, tentunya dibutuhkan latihan ekstra keras.

Baca Juga: Beberapa Orang Memilih Bersepeda di Malam Hari Agar Menghindari Kulit Terbakar Sinar Matahari, Namun Amankah Bagi Kesehatan?

Mengutip situs web Verywellfit.com, lari 12 menit atau yang dinamakan Cooper test merupakan tes kebugaran fisik yang diciptakan oleh Kenneth H Cooper pada 1968 untuk keperluan militer Amerika Serikat.

Adapun, lari 12 menit digunakan untuk mengetahui daya tahan seseorang dan mendapatkan nilai VO2 Max yaitu volume maksimum oksigen (dalam satuan mililiter) yang dapat dikonsumsi tubuh per menit per kilogram berat badan pada kinerja maksimum.

Secara sederhana, VO2 Max adalah indikator kebugaran aerobik.

Berikut adalah tips lari 12 menit agar bisa menembus jarak tempuh 3200 meter.

Baca Juga: Happy Asmara Ceritakan Perjalanan Karier, Ternyata Dulu Sempat Ngarit, Hingga Ngamen dari Rumah ke Rumah Demi Sesuap Nasi!

1. Rutin jogging dan berlatih daya tahan

Dikutip dari Runners World, jogging adalah bentuk olahraga paling sederhana untuk memperkuat tulang dan otot, menjaga berat badan, memperkuat jantung, dan meningkatkan stamina.

Editor : Wiken

Latest