Follow Us

Ga Rugi Kamu Hobi Berlari Pagi, Tangtangannya Harus Bangun Pagi

Alfa - Sabtu, 05 Februari 2022 | 17:42
berlari pagi membutuhkan waktu pemanasan yang lebih lama dibanding lari pada sore hari karena otot masih dalam keadaan kaku selepas tidur malam
unsplash.com

berlari pagi membutuhkan waktu pemanasan yang lebih lama dibanding lari pada sore hari karena otot masih dalam keadaan kaku selepas tidur malam

WIKEN.ID - Hobi berlari adalah kegiatan yang kaya manfaat. Selain itu hobi berlari adalah salah satu jenis olah raga yang simpel tak memerlukan peralatan. a banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan tanpa harus repot, salah satunya yakni berlari. Selain gampang diterapkan, lari juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.Olahraga lari termasuk dalam kategori olahraga kardiovaskular yang sempurna. Saat melakukan hobi berlari, seseorang dapat membakar banyak lemak, paru-paru dipaksa menghirup banyak oksigen, otot-otot jantung terlatih, termasuk bisa meredakan stres yang dialami.Selain itu ada beragam manfaat berlari seperti bisa menurunkan berat badan.Hobi berlari adalah cara tercepat untuk membakar kalori.

Tidak semua orang bisa bangun pagi, apalagi langsung melakukan olahraga, seperti jogging atau lari di pagi hari.

Padahal, banyak manfaat jogging pagi yang bisa kita dapatkan, terlebih jika kita mampu menjadikan salah satu jenis olahraga aerobik ini sebagai rutinitas. Ketika lari pagi, tubuh akan melepas hormon endorfin yang bisa melepas stres, membuat tubuh lebih bugar, bahkan bisa menghilangkan nyeri kecil pada tubuh. Meski begitu, berolahraga di pagi hari memerlukan persiapan khusus agar kita mendapatkan manfaat lari pagi secara maksimal.Salah satu tantangan yang dihadapi ketika melakukan jogging di pagi hari, yaitu fakta bahwa otot belum panas sama sekali.

Ini berbeda dibanding ketika kita jogging pada sore hari karena sudah melakukan kegiatan yang merangsang pergerakan otot.

Jika langsung memacu kecepatan saat lari pagi, bukan tidak mungkin kita malah akan menderita cedera.

Untuk itu, kita perlu melakukan persiapan agar mendapat manfaat lari pagi, yaitu: Langkah 1: bangun tidur lebih awal kemudian sarapan.

Semakin pagi memulai sarapan, semakin cepat kamu bisa jogging. Penting untuk diingat bahwa kamu baru bisa jogging setidaknya jam setelah sarapan.

Konsumsi makanan yang tidak terlalu berat, misalnya roti tawar gandum, susu rendah lemak, jus tanpa gula, atau pisang.

Sarapan ringan dalam jumlah sedikit sudah cukup menjadi ‘bahan bakar’ untuk lari pagi.

Jangan lupa untuk minum air putih. Langkah 2: lakukan pemanasan. Lari pagi membutuhkan waktu pemanasan yang lebih lama dibanding lari pada sore hari karena otot masih dalam keadaan kaku selepas tidur malam.Ternyata ada beragam manfaat berlari pagi.Dikutip dari Oxfordshire County Council, berikut beberapa manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh Anda. Membangkitkan mood Olahraga apa pun bisa membuat tubuh Anda melepaskan hormon endorfin.Hormon endorfin ini akan membuat Anda merasa bahagia. Anda akan merasa ingin berlari lagi secara rutin, dan juga merasa lebih positif dan berenergi untuk menjalani hari.Keluar rumah setiap pagi akan melatih diri Anda untuk lebih sadar akan tubuh, pikiran, dan perasaan kamu. Kamu akan merasa jauh lebih tenang dalam menghadapi harimu, serta dapat mengurangi stres.

Meningkatkan kualitas tidur Lari pagi meningkatkan tubuh Anda untuk terpapar sinar matahari pagi.

Editor : Wiken

Baca Lainnya

Latest