Follow Us

Bogor Jadi Zona Merah Virus Corona, Warga Perumahan Patungan Buat Bilik Disinfektan Sendiri, Hanya Habiskan Uang Segini Untuk Buat Satu Bilik

Pipit - Senin, 06 April 2020 | 10:30
Ilustrasi penggunaan bilik disinfektan di tempat umum
Kompas.com

Ilustrasi penggunaan bilik disinfektan di tempat umum

WIKEN.ID - Bogor memang diketahui menjadi zona merah penyebaran Covid-19 selain Jakarta.

Khawatir mengenai penyebaran Covid-19, warga di perumahan Cluster Tajur Agung komplek Perumahan Pakuan Regency, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor akhirnya membuat inovasi bilik sterilisasi.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapat dan terjangkau, warga di RT 5/7 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor membuat sendiri bilik disinfektan.

Ketua RT/RW 05/07 Imam Hanafi (36) menceritakan bahwa bilik tersebut sudah ada sejak satu minggu lalu.

Baca Juga: Pria Ini Nekat Nikahi Jenazah Tunangannya yang Meninggal karena Sakit, Apakah Ini yang Disebut Cinta Mati?

Fungsinya adalah untuk menyemprotkan cairan disinfektan secara otomatis kepada warga ataupun tamu yang datang sebelum masuk ke area komplek.

Tujuannya adalah untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

"Alat ini bukan untuk menyembuhkan, tapi untuk menghilangkan virus atau meminimalisir mencegah berkembangnya virus yang menempel pada pakaian dan sebagainya," katanya saat ditemui Rabu (1/4/2020).

Untuk membuat bilik sterilisasi itu biaya yang diperlukan sekitar Rp 1,5 juta.

Bahan-bahannya pun cukup sederhana.

"Ini ukurannya sederhana dari bahan baja ringan 220 x 100 cuma tapi yang ideal 250 -100, Ini kita pakai tiga batang baja ringan kemudian spuyer kemudian dihubungan ke selang dan untuk mendorong kita pakai kompa dc," ujarnya.

Editor : Pipit

Latest