Follow Us

Fosil Berbentuk Mirip Burung Merpati yang Hidup Sekitar 200 Juta Tahun Lalu Ditemukan di Negara Asia

Redaksi Wiken - Selasa, 26 November 2019 | 12:35
Fosil Berukuran Burung Merpati yang Hidup Sekitar 200 Juta Tahun Lalu Ditemukan di Jepang,
Masanori Yoshida /SWNS.COM

WIKEN.ID - Sebuah fosil makhluk hidup yang berukuran seperti burung merpati telah digali di Jepang.

Berkat simulasi komputer, para ilmuwan dapat menghasilkan gambar-gambar dan menunjukkan bentuk dari fosil yang ditemukan itu.

Fosil itu dinamai Fukuipteryx prima.

Baca Juga: Dulu Hampir Musnah, Sekarang Burung Bersuara Merdu Ini Berhasil Selamat dari Kepunahan Berkat Hal Ini!

Tulang-tulang fosil itu sangat terawat dan dikubur bersama batu yang berasal dari kapur awal, sebuah periode waktu geologis.

Pada periode itu menunjukkan waktu ketika burung-burung nyata mulai muncul.

Fukuipteryx adalah burung primitif pertama dari zaman ini yang ditemukan di luar Cina.

Baca Juga: Sulit Bertahan Hidup Tanpa Induk, Bayi-bayi Gajah Ini Dapat Kasih Sayang dari Burung Unta, Mirip Anak Asuh!

Makhluk yang tampak aneh ini adalah salah satu burung pertama yang dikenal di dunia yang terbang di atas dinosaurus sekitar 120 juta tahun yang lalu.

Dr. Takuya Imai, dari Institute of Dinosaur Research di Fukui Prefectural University, Jepang, mengatakan burung ini tidak terbang seperti halnya burung modern.

"Dia meluncur atau mengepakkan sayap untuk terbang dalam jarak pendek. Itu memang terbang, tapi itu tidak terlalu bagus," ucapnya.

Baca Juga: Sang Putri Terobsesi dengan Dinosaurus, Pria Ini Hadirkan Hewan Punah Ini di Jendela Kamarnya