Follow Us

Vatikan Diterpa Kasus Pelecehan, Paus Fransiskus Ambil Langkah Ini!

Hikmah - Selasa, 14 Mei 2019 | 12:30
Paus Fransiskus ambil langkah untuk kasus pelecehan yang menerpa Vatikan.
BBC

Paus Fransiskus ambil langkah untuk kasus pelecehan yang menerpa Vatikan.

WIKEN.ID - Vatikan saat ini tengah berkutat dengan kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh para imamnya, terutama terhadap anak-anak, di seluruh dunia.

Dalam sebuah investigasi terhadap Keuskupan Pennsylvania, Amerika Serikat yang dipublikasikan pada 2018 membuka fakta adanya upaya gereja untuk menutupi kasus ini secara sistematis.

Investigasi itu mengungkap tak kurang dari 300 orang imam terlibat pelecehan seksual dengan lebih dari 1.000 anak yang menjadi korban teridentifikasi.

Antara 1950 dan 2013, Gereja Katolik Amerika Serikat menerima 17.000 keluhan pelecehan seksual yang terjadi pada 1950 sampai 1980 melibatkan sebanyak 6.400 orang imam.

Baca Juga : Demi Memuaskan Mimpi Sang Ayah, Bocah 10 Tahun Ini Dipaksa Sekolah Meski Sakit dan Diinfus

Para pakar di Vatikan mengatakan, pada 2012 jumlah anak-anak di Amerika Serikat yang dilecehkan mencapai hampir 100.000 orang.

Belum lama ini, lima warga Amerika Serikat yang menjadi korban pelecehan seksual oleh imam Gereja Katolik disebut akan menggugat Vatikan untuk mendapatkan nama dan rincian nama para imam yang terlibat.

Gugatan tersebut didaftarkan di pengadilan federal AS yang secara formal diumumkan di kota St Paul, Minnesota, Selasa (14/5/2019).

"Gugatan ini ditujukan agar Vatikan membuka arsipnya dan merilis identitas ribuan pelaku pelecehan yang selama ini dirahasiakan Vatikan," kata kuasa hukum kelima warga AS itu, Jeff Anderson.

Baca Juga : Dengar Suara Geraman dari Luar, Pemilik Rumah Ini Terkejut Dapati Dua Ekor Beruang Sedang BerkelahiGugatan itu juga menuntut agar Vatikan membuka dokumen dan sejarah yang terkait dengan para tersangka pelaku pelecehan.

Paus Fransiskus sendiri mengambil langkah untuk menangani masalah tersebut.

Editor : Hikmah

Baca Lainnya

Latest