Tetap Olahraga Meski Sedang Puasa, Ternyata Berlari Memiliki Segudang Manfaat Lho, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Kematian dari Penyakit Ini!

Senin, 25 April 2022 | 10:03
PIXABAY/BLACKMACHINEX

Ilustrasi berlari.

WIKEN.ID -Kini umat muslim di selurih penjuru dunia sedang melakukan ibadah puasa Ramadhan 2022.

Meski tengah berpuasa, kebugaran tubuh tetap harus terjaga. Apalagi kita tengah berada di pandemi global Covid-19, di mana kesehatan dan imunitas tubuh sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, di tengah pandemi dan bulan Ramadhan, olahraga merupakan aktivitas yang tidak boleh terlewatkan.

Salah satu olahraga yang kini dijalani banyak orang adalah berlari.

Baca Juga: Ingin Mudik Bareng Hewan Peliharaan Gunakan Pesawat? Simak Syarat yang Harus Dipenuhi dari Dua Maskapai Penerbangan Ini

Tahukah kamu, ternyata olahraga berlari dapat menjauhkan Anda dari risiko penyakit gaungguan pernapasan lho!

Sebuah studi baru yang dimuat Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan, berlari dapat menurunkan risiko pneumonia dan gangguan pernapasan lainnya.

Dilansir dari Kompas.com, dalam studi tersebut, para peneliti mengikuti 150.000 orang pelari dan pejalan kaki hingga 11 tahun.

Mereka juga meminta para peserta untuk mencatat jarak yang ditempuh setiap minggunya serta kepatuhan menjalani aktivitas fisik yang direkomendasikan.

Baca Juga: Berujung Perceraian, Maia Estianty Justru Blak-blakan Akui Dua Kali Menikah dengan Ahmad Dhani: Dua Kali Ijab Qobul

Hasilnya, risiko kematian akibat gangguan pernapasan berkurang hingga 34 persen bagi mereka yang berlari melebihi rekomendasi.

Diketahui, rekomendasi aktivitas fisik dalam seminggu adalah 150 menit untuk olahraga sedang, dan 75 menit untuk olahraga berat.

Menurut para peneliti, berlari sekitar 24 kilometer setiap minggunya bahkan bisa menurunkan risiko gangguan pernapasan hingga 45 persen.

Hanya saja, tidak semua orang mampu melakukan olahraga lari.

Baca Juga: Tampil Mesra dengan Nagita Slavina, Dua Sahabat Ini Justru Sebut Raffi Ahmad Munafik, Ada Apa?

Orang-orang yang memiliki penyakit tertentu dan obesitas merupakan golongan yang tidak disarankan untuk melakukan olahraga tersebut.

Ini karena olahraga lari justru bisa menjadi pemicu penyakit lain bagi mereka, bahkan berakibat fatal.

Oleh karena itu, para pakar menyarankan untuk mengganti olahraga lari dengan jenis yang lebih ringan seperti berjalan.

Ketua studi Paul Williams, staf peneliti di Lawrence Berkeley National Laboratory California, mengatakan, berjalan juga memberikan manfaat yang sama seperti berlari.

"Caranya adalah dengan berjalan 50 persen lebih jauh atau lebih lama dari durasi berlari yang direkomendasikan," jelasnya. (*)

Baca Juga: Simpel dan Enak, Buat Mi Ini Yuk Untuk Makan Sahur Agar Tetap Aktif Saat Puasa

Editor : Hafidh