Follow Us

Merawat Hewan Peliharaan, Ternyata Kucing atau Anjing Bisa Terkena Obesitas Loh! Begini Tandanya

tantri - Senin, 17 Oktober 2022 | 08:05
Merawat hewan peliharaan, kenali tanda obesitasnya
Freepik

Merawat hewan peliharaan, kenali tanda obesitasnya

WIKEN.ID - Penyakit obesitas ternyata tak hanya menyerang pada manusia saja loh, tapi juga hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Melansir dari Kompas.com, pada 2018 Association for Pet Obesity Prevention atau Asosiasi Pencegahan Obesitas Hewan Peliharaan menemukan bahwa sekitar 56 persen anjing dan 60 persen kucing mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Beberapa pemilik berpikiran bahwa hewan peliharaan yang gemuk akan terlihat lebih lucu dan menggemaskan, justru itu merupakan kesalahan besar.

Perlu diingat, bahwa merawat hewan peliharaan harus benar-benar diperhatikan dari awal, jika hewan peliharaan kamu mengalami obesitas maka dapat berdampak buruk bagi kesehatannya.

Misalnya saja peningkatan risiko diabetes, penyakit ginjal, kanker, radang sendi, dan tekanan darah tinggi.

Jika kalian belum memahami cara menentukan sahabat bulu kalian mengenai kelebihan berat badan, berikut ini ada beberapa tanda hewan peliharaan mengalami obesitas melansir dari Reader's Digest yang dikutip oleh Kompas.com.

1. Tidak dapat melihat lingkar pinggang

Langkah pertama mengetahui hewan peliharaan mengalami obesitas adalah melihat lipatan di pinggang anjing atau kucing.

Emi K. Saito, dokter hewan sekaligus ahli epidemiologi veteriner di Banfield Pet Hospital di Vancouver, Washington, Amerika Serikat (AS), mengatakan jika tidak dapat melihat lingkar pinggang hewan, ini merupakan petunjuk pertama bahwa hewan kemungkinan mengalami masalah kelebihan berat badan.

2. Hewan peliharaan tidak memiliki six-pack

Meski perut hewan peliharaan tidak akan pernah terlihat seperti perut six-pack seorang atlet, setidaknya harus memiliki beberapa penggambaran.

Source : Kompas.com

Editor : Wiken

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular