Follow Us

Merawat Hewan Peliharaan di Rumah Ternyata Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak juga Loh!

tantri - Kamis, 13 Oktober 2022 | 09:36
Ternyata ada segudang manfaat merawat hewan peliharaan bagi anak
Freepik

Ternyata ada segudang manfaat merawat hewan peliharaan bagi anak

WIKEN.ID - Merawat hewan peliharaan di rumah mulai dari kucing, anjing, kelinci, ikan hias, dan lain sebagainya merupakan hal yang menyenangkan dan bagus untuk kesehatan.

Selain itu, dengan adanya hewan kesayangan kita menjadi merasa tidak sepi dan bisa dijadikan teman bermain di rumah.

Perlu diingat, ternyata masih ada segudang manfaat dalam merawat hewan peliharaan di rumah loh?

Melansir dari Kompas.com, ada banyak manfaat kesehatan saat memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing atau kucing yang dapat meningkatkan kesempatan untuk berolahraga, keluar rumah dan bersosialisasi.

Tahukah kamu, hanya dengan mengajak bermain atau berjalan secara rutin bersama hewan kesayangan dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan trigilserida.

Hewan peliharaan dapat membantu mengelola kesepian dan depresi dengan memberi pemiliknya rasa persahabatan yang terikat dalam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ikatan antara manusia dan hewan peliharaan dapat meningkatkan kebugaran, menurunkan stres, dan membawa kebahagiaan bagi pemiliknya.

Beberapa manfaat kesehatan lain dari memiliki hewan peliharaan mampu membuat perasaan kesepian berkurang dan meningkatnya kesempatan untuk berolahraga dan aktivitas luar ruangan serta sosialisasi.

Dalam sebuah penelitian, Harold Herzog, yang merupakan seorang psikolog dan profesor pecinta hewan peliharaan di Western Carolina University mengungkapkan sebagian manfaat kesehatan yang jelas dalam memelihara hewan peliharaan.

"Tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi, lebih sedikit serangan jantung dan kesepian, tekanan darah dan kesejahteraan psikologis jadi lebih baik, tingkat depresi dan stres lebih rendah, lebih sedikit kunjungan dokter, peningkatan harga diri, tidur yang lebih baik dan lebih banyak aktivitas fisik," jelas Herzog mengutip dari Kompas.com.

Hewan peliharaan memberikan dukungan sosial

Source : Kompas.com

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest