Follow Us

Jangan Sepelekan Kunyit, Rempah Satu Ini Memiliki Sejuta Manfaat, Bantu Cegah Kanker Salah Satunya!

tantri - Rabu, 12 Januari 2022 | 20:27
Ilustrasi kunyit
SHUTTERSTOCK/NATTHAPOL SIRIDECH

Ilustrasi kunyit

WIKEN.ID - Kunyit merupakan rempah-rempah asli Indonesia, yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur.

Tanaman kunyit ini juga kerap dijadikan obat.

Berdasarkan warnanya, kunyit dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu kunyit kuning atau merah, kunyit hitam, dan kunyit putih.

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan kunyit yang membuat rempah-rempah menjadi penyembuh yang kuat.

Kandungan kunyit

Menurut buku Health Secret of Turmeric (Kunyit) yang ditulis oleh Pangkalan Ide (2011), kunyit mengandung kurkumin, yaitu suatu zat antibakteri yang dapat merangsang dinding kantong empedu untuk berkontraksi mengeluarkan empedu sehingga pencernaan lebih semputna. Selain itu, kunyit juga mengandung minyak atsiri yang berkhasiat mencegah keluarnya asam lambung berlebih dan mengurangi peristaltik usus yang terlalu kuat.

Rimpang kunyit juga mengandung zat lain, seperti minyak volatil, kurkumin, damar, gom, pati, lemak, protein kalsium, fosfor, besi, hingga vitamin C.

Salah satu cara mengonsumsi kunyit adalah menjadikannya minuman kunyit asam. Untuk membuatnya, kita bisa mengolahnya bersama asam jawa, gula kelapa, dan air.

Baca Juga: 3 Ramuan Murah Ini Terbukti Mampu Bersihkan Organ Vital Sukses Bikin Nafas Plong, Berani Coba?

Manfaat kunyit

Kunyit sebagai salah satu jenis tanaman obat tak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kunyit merupakan salah satu penyembuh alami yang paling kuat. Manfaat kunyit dengan kandungan pengobatannya terus ditunjukkan melalui berbagai penelitian terbaru di laboratorium.

Halaman Selanjutnya

1. Mencegah Alzheimer
1 2 3 ... 6

Source : eatthis.com, KOMPAS.com

Editor : Agnes

Baca Lainnya

Latest