Follow Us

Suhu Udara Capai 36 Derajat Celcius, Ini Penjelasan BMKG Soal Cuaca Panas yang Melanda Jawa Tengah dan DIY Beberapa hari Terakhir!

Hafidh - Senin, 21 September 2020 | 10:30
(ilustrasi) cuaca panas di Indonesia
Freepik

(ilustrasi) cuaca panas di Indonesia

Suhu Udara Capai 36 Derajat Celcius, Ini Penjelasan BMKG Soal Cuaca Panas yang Melanda Jawa Tengah dan DIY Beberapa hari Terakhir!

WIKEN.ID - Beberapa hari ini cuaca di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta terasa lebih panas dari biasanya.

Wah, kira-kira apa ya yang sedang terjadi?

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas angkat bicara.

Baca Juga: Masa Iddahnya Sudah Selesai Usai Resmi Bercerai dengan Kiwil, Kini Meggy Wulandari Ungkap Hubungannya dengan Seorang Duda, Siapa?

Dilansir dari Tribunjogja.com, Reni menjelaskan, jika suhu udara yang panas saat ini disebabkan adanya gerak semu matahari.

Ia mengatakan pada bulan September ini posisi matahari berada di bumi belahan Utara dan bergerak ke bumi belahan Selatan melewati Khatulistiwa.

"Pada tanggal 23 September nanti posisi matahari tepat berada di Khatulistiwa."

"Sehingga radiasi yang diterima cukup maksimal dan mengakibatkan suhu udara yang dirasakan lebih panas dari biasanya," ujarnya, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga: Meski Suaminya Bergelimang Harta, Intip Penampilan Nia Ramadhani Pakai Kemeja Seharga Rp 25 Ribu: Makanya Investasi di Muka Sama Badan!

Ia menambahkan, untuk suhu udara tertinggi di bulan September khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dapat mencapai 36 derajat celcius.

Reni mengungkapkan, fenomena matahari mendekati garis Khatulistiwa ini disebut Equinox.

Source : Tribun Jogja

Editor : Agnes

Baca Lainnya

Latest