Follow Us

Angin Segar Perang Melawan COVID-19, Ilmuwan Inggris Temukan Terobosan Besar yang Efektif Sembuhkan Pasien Virus Corona

Dewa - Rabu, 17 Juni 2020 | 16:40
Ilustrasi obat corona virus
tribunnews.com

Ilustrasi obat corona virus

WIKEN.ID - Angin segar datang dari ilmuwan Inggris.

Pasalnya mereka telah menumukan terobosan besar dalam perang melawan virus corona.

Para ilmuwan Inggris menggunakan Dexamethasone (deksametason) sebagai obat untuk melawan virus Corona.

Hal ini diungkap oleh para ahli yang dipimpin tim Universitas Oxford, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Penelitian Terbaru Temukan Virus Corona di Sperma Pasien Covid-19, Dapatkah Menular Lewat Hubungan Seks? Berikut Penjelasan Ahlinya!

Temuan awal yang menunjukkan dexamethasone berhasil mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan kondisi parah.

Ini berarti, dexamethasone merupakan obat pertama yang terbukti secara efektif bekerja melawan virus corona.

Dexamethasone adalah obat steroid berdosis rendah yang biasanya digunakan untuk mengobati berbagai reaksi alergi serta rheumatoid arthritis dan asma, gangguan darah/hormon/sistem kekebalan tubuh, masalah pernapasan, gangguan usus tertentu, dan kanker tertentu.

Mengutip dari Kompas.com dilansir AFP, Selasa (16/6/2020), dexamethasone merupakan obat anti-inflamasi, yakni kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan, sehingga meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Baca Juga: Indonesia Tak Sendirian, Usai Tak dapat Akses dari Arab Saudi, Negara-negara Ini Juga Terpaksa Batalkan Pengiriman Jemaah Haji 2020

Hasilnya, obat ini mampu mengurangi risiko kematian dengan rasio satu banding tiga untuk pasien yang menggunakan ventilator dan satu banding lima untuk pasien yang menggunakan tabung oksigen.

Dosis harian dexamethasone dapat mencegah satu dari delapan kematian pasien yang menggunakan ventilator dan menyelamatkan satu dari setiap 25 pasien yang membutuhkan tabung oksigen.

Source : Kompas.com, AFP

Editor : Pipit

Latest