Follow Us

Terancam Punah dan Paling Langka di Dunia, Hewan Ini Ternyata Hidup di Hutan Indonesia!

Redaksi Wiken - Senin, 14 Oktober 2019 | 10:00
Indonesia Menjadi Rumah Untuk Primati Paling Terancam Punah di Dunia
Aditya Sumitra - Kompas.com

Indonesia Menjadi Rumah Untuk Primati Paling Terancam Punah di Dunia

WIKEN.ID - Sejak awal keberadaannya, orangutan Tapanuli sering sekali bersinggungan dengan bahaya besar akibat dari kehidupan manusia.

Beberapa di antaranya seperti konversi habitat yang diubah menjadi lahan pertanian dan deforestasi, dan degradasi hutan yang disebabkan pembangunan bendungan dan hidroelektrik yang terdapat di habitat hidupnya.

Dalam interaksinya dengan manusia, orangutan Tapanuli sering terluka bahkan mati.

Hewan yang ditemukan pada tahun 2017 di hutan hujan Sumatera, Indonesia, kini berstatus kritis (Critically Endangered) dalam Daftar Merah IUCN.

Baca Juga: Api Membakar Habis Habitat Satwa Liar, Dua Orangutan Ini Jadi Saksi Betapa Memilukannya Kebakaran Hutan, Bergelantungan di Pohon Terakhir

Orangutan merupakan spesies kera besar yang ke delapan yang dikenal di dunia.

Terakhir kali, spesies kera besar yang dijelaskan dalam sains adalah bonobo yang ditemukan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1929.

Diperkirakan, kurang dari 800 orangutan Tapanuli yang tersisa di alam liar.

Menurut sebuah laporan baru yang dikeluarkan Bristol Zoological Society [BZS], Primate Specialist Group of the International Union for Conservation of Nature [IUCN] Species Survival Commission [SSC], International Primatological Society [IPS], dan Global Wildlife Conservation [GWC], sedikitnya populasi yang ada menjadikannya sebagai salah satu primata paling terancam punah di dunia.

"Primata Dalam Ancaman: 25 primata paling terancam punah di dunia 2018-2020” adalah perulangan ke sepuluh dari laporan yang dikeluarkan setiap dua tahun yang mendokumentasikan spesies primata dari seluruh dunia, yang menghadapi ancaman kepunahan paling parah.

Dalam laporan tersebut, bahwa orangutan Tapanuli adalah salah satu primata paling terancam di dunia karena dampak kegiatan manusia.

Hampir 70 persen dari 704 spesies primata dan subspesies yang dikenal di dunia dianggap terancam.

Editor : Pipit

Latest