Follow Us

Semarak Malam Takbiran di Gorontalo, Lihat Videonya Saat Warga Gelar Tradisi Tumbilotohe

Alfa - Selasa, 04 Juni 2019 | 20:00
Malam pasang lampu di Gorontalo untuk menyambut Idul Fitri yang dinyalakan seluruh masyarakat Gorontalo pada Jumat (31/5/2019) malam.
KOMPAS.com/ROSYID AZHAR

Malam pasang lampu di Gorontalo untuk menyambut Idul Fitri yang dinyalakan seluruh masyarakat Gorontalo pada Jumat (31/5/2019) malam.

WIKEN.ID - Malam takbiran selalu diperingati oleh masyarakat menjelang hari Raya Idul Fitri salah satunya terlihat dari video ini.

Bukan dengan menyalakan petasan tetapi masyarakat yang terekam dalam video ini menyemarakan malam takbiran dengan tradisi yang khusus.

Video tradisi malam takbiran warga di Gorontalo ini, pun dianggap sebagai momen yang menandai berakhirnya Ramadan.

Nama tradisi malam takbiran di Gorontalo yang selalu dilakukan sejak abad ke-15 ini bernama Tumbilotohe.

Baca Juga: Viral Video Warung Seafood Pinggir Jalan Patok Harga Fantastis, Kini Bu Anny Buat Daftar Harga, Masih Mahalkah?

Tahun 2019 ini, diperkirakan akan ada 1 juta lampu botol berbahan bakar minyak tanah dinyalakan oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo guna memeriahkan tradisi Tumbilotohe di Pantai Bolihutuo, Kabupaten Boalemo.

Tumbilotohe adalah tradisi tua masyarakat Gorontalo malam-malam terakhir bulan Ramadhan, untuk Festival Tumbilotohe Provinsi Gorontalo dipusatkan di obyek wisata Pantai Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Boalemo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah hadir dan membuka pelaksanaan Festival Tombilatohe yang menyedot perhatian ribuan masyarakat tersebut.

Baca Juga: Video Seorang Wanita Pegawai Indomaret Terkapar Tak Berdaya Usai Diseret Motor Oleh Kekasihnya Hanyak Karena Ini!

Pembukaan ditandai dengan pemasangan lampu oleh Gubernur Rusli, Bupati Boalemo Darwis Moridu, Wabub Anas Jusuf serta pimpinan Forkopimda.

Lampu minyak ini ditempatkan pada alikusu, susunan bambu kuning yang dibuat seperti gerbang dengan hiasan pohon pisang dan tanaman adat, pohon puring.

Editor : Alfa

Latest