Follow Us

Penelitian Terbaru, Obesitas dan Depresi Ternyata Berhubungan Karena Hal Ini!

Rebi - Sabtu, 11 Mei 2019 | 12:30
Penelitian Terbaru, Obesitas dan Depresi Ternyata Berhubungan Karena Hal Ini!
iStockphoto

Penelitian Terbaru, Obesitas dan Depresi Ternyata Berhubungan Karena Hal Ini!

WIKEN.ID - Obesitas telah dikaitkan dengan depresi oleh para ilmuwan selama bertahun-tahun, tetapi alasannya selalu agak tidak jelas sampai sekarang.

Penelitian baru yang dipimpin oleh University of Glasgow telah menemukan bahwa hubungannya mungkin dengan lemak makanan yang memasuki otak melalui aliran darah.

Lemak makanan itu kemudian menumpuk dan mempengaruhi sinyal neurologis yang berkaitan dengan depresi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Translational Psychiatry pada Jumat (10/5) ini dilakukan pada tikus yang diberi diet padat lemak.

Para peneliti mengatakan bahwa setelah pengamatan dekat, mereka mencatat asam lemak jenuh masuk ke dalam otak tikus di wilayah hipotalamus mereka, yang terkait dengan sistem metabolisme dan diketahui terkait dengan depresi.

Asam lemak kemudian mempengaruhi jalur pensinyalan kunci yang diketahui bertanggung jawab atas perkembangan penyakit mental.

Baca Juga : Depresi dan Kecewa Sang Adik Tak Lolos Ke DPRD, Pria Ini Minta Pendampingan Spiritual dan Jalankan Ritual di Padepokan

Dilansir Independent, Profesor George Baillie, penulis utama studi di Universitas Glasgow, mengatakan bahwa penelitian itu adalah pertama kalinya seseorang mengamati efek langsung dari diet tinggi lemak pada area pensinyalan otak yang berkaitan dengan depresi.

"Penelitian ini mungkin mulai menjelaskan bagaimana dan mengapa obesitas dikaitkan dengan depresi dan bagaimana kita dapat berpotensi merawat pasien dengan kondisi ini lebih baik," kata Profesor George Baillie.

Baillie menjelaskan bahwa banyak dari kita menganggap makanan padat lemak sebagai penghibur dan penambah suasana hati.

Namun, seperti yang dibuktikan dalam penelitian itu, mereka mungkin memiliki efek sebaliknya pada kesejahteraan psikologis kita dalam jangka panjang.

Ilustrasi penderita obesitas
stethnews.com

Ilustrasi penderita obesitas

Editor : Rebi

Baca Lainnya

Latest