Follow Us

Indonesia Rawan Bencana, Inilah Penjelasan Terjadinya Gempa Bumi

Alfa - Sabtu, 13 April 2019 | 19:00
Dampak kerusakan akibat gempa Donggala dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018), di Pelabuhan Wani 2, Kecamatan Tanatopea, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10/2018).
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO

Dampak kerusakan akibat gempa Donggala dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018), di Pelabuhan Wani 2, Kecamatan Tanatopea, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10/2018).

WIKEN.ID - Indonesia adalah daerah yang rawan terjadi gempa.

Gempa dengan kekuatan yang besar menggundang yang mengguncang Morowali, Morowali Utara, dan Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019) malam.

Gempa dengan kekuatan 6,8 berpusat di Teluk Tolo yang berjarak 82 kilometer arah barat daya dari Kepulauan Banggai, dengan kedalaman 17 kilometer.

Para ahli mengatakan, apabila dilihat secara geologi, baik dari lempengan dan patahan yang ada, gempa memang sudah pasti akan terjadi di Indonesia.

Baca Juga : Kepanikan Warga Banggai Setelah Gempa 6,9, Berlari Hingga Ada yang Meninggal Dunia

"Wilayah Indonesia itu sangat berpotensi terjadi gempa bumi karena posisinya yang berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu Eurasia, Indoaustralia dan Pasifik," ungkap Daryono, kepala bidang informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dikutip dari Kompas.com.

"Dari tumbukan ini terimplikasi adanya sekitar enam tumbukan lempeng aktif yang berpotensi memicu terjadinya gempa kuat," sambungnya.

"Wilayah Indonesia juga sangat kaya dengan sebaran patahan aktif atau sesar aktif. Ada lebih dari 200 yang sudah terpetakan dengan baik dan masih banyak yang belum terpetakan sehingga tidak heran jika wilayah Indonesia itu dalam sehari itu lebih dari 10 gempa yang terjadi," ujar Daryono menambahkan.

Baca Juga : Diunggah Mantan Kekasih, Video Vanessa Angel Nyanyi Lagu Nissa Sabyan di Rutan Viral

Sejumlah patahan aktif tersebut adalah patahan besar Sumatra yang membelah Aceh sampai Lampung, sesar aktif di Jawa, Lembang, Jogjakarta, di utara Bali, Lombok, NTB, NTT, Sumbawa, di Sulawesi, Sorong, Memberamo, di samping di Kalimantan.

Posisi Indonesia dikenal berada di Cincin Api Pasifik (Ring of Fire) yaitu daerah "tapal kuda" sepanjang 40.000 km yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik.

Editor : Alfa

Latest