Segudang Manfaat Kesehatan untuk Tubuh dengan Trail Running

Selasa, 01 Maret 2022 | 17:10
unsplash.com

Lari

WIKEN.ID -Berolahraga lari adalah kegiatan yang kaya manfaat.

Selain itu hobi berlari adalah salah satu jenis olah raga yang simpel tak memerlukan peralatan.

Tapi pernahkah kamu mendengar soal trail running atau lari trail?

Apa itu sebenarnya trail running dan bedanya dengan lari biasa?

Trail running adalah lari off-road atau olahraga lari yang melintasi alam bebas. Entah itu pegunungan, bukit, hutan, atau pun di sepanjang pantai.

Secara sederhana, trail running merupakan perpaduan antara olahraga lari dan mendaki gunung.

Sehingga, rintangan yang dilalui tentu tidak mudah.

Menurut Kelly Pritchett, Ph.D., RDN, CSSD, Associate Professor dalam Ilmu Nutrisi dan Latihan di Central Washington University, seperti dikutip dari Very Well Fit, lari di jalan raya dan lari di jalan setapak memiliki manfaat yang sama seperti peningkatan kebugaran aerobik, peningkatan daya tahan otot, dan peningkatan kesehatan mental.

Sementara Pritchett mencatat hasil kardiovaskular kemungkinan sebanding antara kedua jenis lari, penelitian belum menentukan apakah lari trail memberikan manfaat kardiovaskular yang lebih besar daripada lari di jalan.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Seperti Ini Posisi Tumpuan Lari Cepat yang Benar

Namun demikian, ilmu pengetahuan telah menunjukkan kepada kita bahwa lari trail memang memiliki manfaat kesehatan yang jauh melampaui kesehatan fisik kita.

1. Umur Panjang

Tinjauan sistematis 2020 baru-baru ini menunjukkan bahwa berlari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah terkait dengan penyakit kardiovaskular dan kanker pada pria dan perempuan.

Pritchett menunjukkan ulasan ini tidak memiliki tren khusus untuk volume mingguan, kecepatan, durasi, atau bahkan medan. Namun penelitian ini mencatat bahwa beberapa lari (atau jogging) versus tidak berlari (atau jogging) terbukti telah meningkatkan kesehatan pada peserta serta manfaat umur panjang.Dan, lebih banyak belum tentu lebih baik dalam hal mencatat jarak tersebut.

Para penulis juga mencatat bahwa lari dosis tinggi mungkin tidak memiliki manfaat pengurangan kematian yang lebih besar.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Baik berlari atau joging, kamu tidak hanya menggerakkan otot-otot di kaki.

Ya, jantung kamu juga merupakan otot yang digerakkan saat berlari.

Dengan setiap langkah yang kamu ambil, jantung memompa darah untuk membantu mendukung latihanmu sambil memperkuat dirinya sendiri dari waktu ke waktu.

Jantung yang lebih kuat membuat kamu lebih sehat, seperti tinjauan sistematis tahun 2020 di atas yang dicatat dengan risiko kematian yang lebih rendah yang terlihat dari penyakit kardiovaskular pada peserta yang mencatat jumlah lari apa pun sepanjang minggu mereka.

Meskipun manfaat ini tidak terisolasi untuk lari trail, ini adalah dasar untuk penelitian lebih lanjut yang dapat melihat perbedaan kardiovaskular antara lari di jalan versus lari di lintasan.

Baca Juga: Banyak Orang Kini Mencoba Menaklukkan Lari Marathon, Berikut Tips Berlari Jarak Jauh Bagi Pemula, Rutin Latihan Adalah Kunci!

3. Meningkatkan Kekuatan dan Keseimbangan Otot

Amanda Brooks, pelatih lari dan penulis Run To The Finish: The Everyday Runner's Guide to Avoiding Injury, Ignoring the Clock and Loving the Run, mencatat salah satu manfaat terbaik yang dia bagikan dengan kliennya untuk membawa mereka ke lintasan adalah manfaat tambahan latihan kekuatan yang ditawarkan medan untuk melatih otot-otot penstabil.

Pritchett setuju, berbagi bahwa mengingat medan yang bervariasi dengan lari trail, pelari dapat melihat peningkatan kekuatan tungkai bawah, keseimbangan, dan manfaat neuromuskular.

Ini mengurangi dampak pada sendi karena permukaan yang lebih lembut yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko cedera.

Tapi, Pritchett menyarankan bergerak dengan kesadaran yang lebih besar karena mungkin ada risiko lebih besar untuk tersandung akar atau batu.

4. Dapat Mengurangi Tingkat Beberapa Cedera

Berlari di jalan lebih sulit pada persendian daripada berlari di permukaan yang lembut seperti jalan setapak.

Bahkan, kamu dapat mengurangi risiko cedera tertentu dengan pergi ke jalan setapak, bukan trotoar.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020, para peneliti membandingkan pelari jalanan dengan pelari lintas alam dan secara khusus menganalisis dampak masing-masing pada tendon Achilles.

Penulis penelitian menemukan bahwa pelari jalan memiliki beban yang lebih tinggi pada tendon dan penyerapan goncangan yang lebih sedikit yang dapat mengakibatkan perubahan struktur tendon Achilles.

Baca Juga: Rasakan 4 Manfaat Lari Pagi, Salah Satunya Meningkatkan Metabolisme

5. Meningkatkan Mood dan Mental Well-Being

Menurut Pritchett, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ketenangan untuk meningkatkan kesejahteraan mental adalah berlari di luar ruangan di jalan setapak atau lintas alam.

Menurut sebuah studi tahun 2020, peserta yang mencatat hingga 6,5 ​​mil (sekitar 10,5 km) berlari di jalur melaporkan sendiri skor kesehatan dan kesehatan yang lebih tinggi pada survei.

Meskipun ada keterbatasan dalam penelitian ini, termasuk survei yang dilaporkan sendiri dan keragaman sampel yang terbatas, penelitian ini melengkapi penelitian sebelumnya.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2019 menunjukkan pelari berpengalaman dan pemula lebih menyukai karakteristik khusus di lingkungan lari mereka untuk mendapatkan kapasitas restoratif dari lari mereka, termasuk ruang hijau dan hidup.(*)

Baca Juga: 4 Hal Penting Usai Lakukan Aktivitas Hobi Berlari Agar Tak Cedera

Editor : Dewa

Baca Lainnya