Follow Us

Merawat Hewan Peliharaan, Tips Aman dan Langkah Grooming Kucing di Rumah

tantri - Kamis, 15 September 2022 | 19:02
Merawat hewan peliharaan kucing, salah satunya grooming
Nadinelle/Shutterstock

Merawat hewan peliharaan kucing, salah satunya grooming

WIKEN.ID - Pernahkah kalian melihat kucing selalu menjilati tubuhnya ?

Hal tersebut dikarenakan kucing menyukai kebersihan, sehingga sering kali kucing menjilati tubuhnya untuk membersihkan kotoran ditubuh dan bulunya.

Namun, jika kamu memiliki hewan peliharaan kucing di rumah disarankan untuk memberikan perawatan menyeluruh pada kucing supaya tubuh kucing lebih bersih.

Biasanya dikenal dengan istilah grooming. Kelebihan dari melakukan grooming juga bisa mengetahui apakah kucing sedang mengalami masalah pada bulu dan kulitnya.

Jadi, ketika kamu mendapatkan masalah pada kucingmu seperti kutu dan jamur, segeralah mengkonsultasikannya pada dokter hewan.

Kamu bisa saja melakukan grooming sendiri di rumah.

Akan tetapi perlu diingat, sebelum merawat hewan peliharaanmu dengan melakukan grooming di rumah ada beberapa syarat yang harus diperhatikan.

Mengutip dari Kompas.com, simak dengan baik syarat dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan grooming pada kucing di rumah.

Syarat melakukan grooming

  • Waktu yang tepat untuk melakukan grooming kucing adalah 08.00 – 16.00 WIB. Apabila di bawah atau di atas jam tersebut, suhu cenderung dingin.
  • Kucing tidak dalam keadaan sakit dengan suhu tubuh normal 38-39 derajat Celsius.
  • Kucing tidak sedang hamil dan baru saja melakukan vaksin.
Peralatan grooming

- Sampo khusus kucing - Kapas - Sisir bulu - Gunting kuku kucing - Pembersih telinga (cairan pembersih, pinset, dan cotton bud) - Gunting rambut - Alas grooming - Handuk besar - Blower/hair dryer

Halaman Selanjutnya

Langkah-langkah grooming
1 2 3 ... 5

Source : Kompas.com

Editor : Hafidh

Baca Lainnya

Latest