Follow Us

Penyakit Hepatitis Misterius Menyerang Anak-anak, Hewan Peliharaan Ini Disebut Jadi Penyebabnya

Pipit - Jumat, 01 Juli 2022 | 15:50
Ilustrasi anjing menyanyangi pemiliknya
Pawtracks

Ilustrasi anjing menyanyangi pemiliknya

WIKEN.ID - Penyakit Hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya menyerang kelompok anak-anak di beberapa negara.

Penyakit ini diyakini pertama kali muncul di Inggris.

Tak cuma itu, penyakit misterius ini juga dikaitkan dengan hewan peliharaan seperti anjing.

Namun Ahli Imunologi Komparatif, Profesor Mick Bailey dari University of Bristol mengatakan bahwa kesimpulan seperti itu masih terlalu prematur.

Hingga pekan lalu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah melaporkan total 176 kasus hepatitis akut atau peradangan hati pada anak-anak Inggris, sebagian besar berusia di bawah 10 tahun.

Dikutip dari laman The Express, Rabu (18/5/2022), hingga saat ini sebagian besar atau 128 kasus berasal dari Inggris, dengan 26 dilaporkan di Skotlandia, 13 di Wales dan 9 dari Northern Island.

Kendati demikian, virus yang biasanya berada di balik munculnya kondisi peradangan hati yakni virus Hepatitis A, B, C, D dan E belum terdeteksi dalam kasus ini.

Meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melaporkan bahwa banyak kasus global tampaknya memiliki infeksi Adenovirus.

Perlu diketahui, Adenovirus adalah keluarga besar dari sekitar 50 virus yang diketahui menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari flu biasa, konjungtivitis, gastroenteritis, infeksi kandung kemih hingga penyakit multi-organ yang mengancam jiwa pada mereka yang rentan secara klinis.

UKHSA menegaskan bahwa mereka terus menyelidiki kemungkinan penyebabnya dan akan secara teratur menerbitkan pembaharuan teknis.

Dalam makalah yang diterbitkan baru-baru ini, UKHSA mencatat bahwa ada jumlah yang relatif tinggi dari keluarga pemilik anjing atau paparan anjing lain dalam kasus ini.

Editor : Pipit

Latest