Follow Us

Pencernaan Masih Sensitif, Bolehkan Kita Berikan Susu Selain dari Induknya pada Anak Kucing? Ini Penjelasannya

Agnes - Selasa, 19 April 2022 | 17:48
Induk kucing datang ke rumah sakit saat hendak melahirkan.
Gambar ilustrasi/Pixabay

Induk kucing datang ke rumah sakit saat hendak melahirkan.

WIKEN.ID - Ketika memelihara kucing yang baru melahirkan atau anak kucing tanpa induk, salah satu yang menjadi pertanyaan apakah kita boleh memberkannya susu tambahan?

Bagaimana jika kita memberikannya susu sapi yang biasa kita konsumsi?

Dilansir dari Kompas.com, melansir dari Pet MD, satu-satunya susu yang sehat untuk diminum anak kucing adalah susu induknya.

Atau jika kita memelihara kucing tanpa induk, kita bisa memberikannya susu formula yang khusus untuk kucing.

Sebab, anak kucing akan kekurangan enzim yang tepat untuk mencerna laktosa dalam susu sapi, dan memberi susu sapi untuk anak kucing dapat menyebabkan diare dan dehidrasi dengan sangat cepat pada anak kucing yang sangat kecil.

Inilah mengapa penting untuk menghindari pemberian susu sapi kepada anak kucing.

Selain itu kucing juga memiliki perut yang sensitif, penting untuk menghindari memberi anak kucing susu lain juga, seperti susu kedelai, susu almond, atau susu kacang lainnya.

Baca Juga: Sudah Disediakan Wadah Biasa, Kucing Ini Justru Memilih Minum dari Tempat Unik Ini, Bikin Orang-orang Rumah Gemas

Susu almond dan susu kedelai tidak memberikan keseimbangan yang tepat dari asam amino yang dibutuhkan untuk kucing karena kucing adalah karnivora tulen dan harus makan produk hewani atau akan kekurangan gizi.

Bagaimana dengan susu kambing?

Jika kita melakukan pencarian online, kita mungkin akan menemukan bahwa beberapa orang merekomendasikan susu kambing untuk anak kucing.

Editor : Agnes

Baca Lainnya

Latest