Follow Us

Tetap Aktif Saat Puasa, Sebelum Berbuka Waktu yang tepat Berolagraga?

Alfa - Minggu, 10 April 2022 | 17:34
Dikutip dari  menshealthmag.com. pelatih kebugaran, Nesrine Dally.menyarankan orang yang berpuasa untuk memprioritaskan latihan kekuatan daripada latihan kardio.
freepik

Dikutip dari menshealthmag.com. pelatih kebugaran, Nesrine Dally.menyarankan orang yang berpuasa untuk memprioritaskan latihan kekuatan daripada latihan kardio.

WIKEN.ID - Bulan Ramadhan adalah bulan wajib bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, terdapat beberapa pantangan seperti tidak boleh makan mulai terbit fajar hingga matahari tenggelam.Meski berpuasa tetap tak menghalangi untuk tetap aktif saat puasa.Berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga yang diwajibkan selama satu bulan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menyehatkan jantung, ginjal, hati dan beberapa organ penting lain, juga melancarkan peredaran darah.Dikutip dari dari Al Jazeera yang ditayangkan oleh kompas.com, para ahli menemukan bahwa membatasi asupan makanan di siang hari bisa mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, jantung, dan obesitas.Tidak mengonsumsi apapun selama beberapa waktu, tubuh bisa lebih berkonsentrasi untuk membuang racun.Hal itu disebabkan puasa memberikan jatah libur bagi sistem pencernaan untuk mencerna makanan dan minuman yang masuk.“Puasa memungkinkan usus untuk membersihkan dan memperkuat lapisannya,” ujar Claire Mahy, seorang ahli gizi.Berpuasa, juga merangsang proses autofagi atau pembersihan dari sel-sel yang sudah tua, rusak, atau berbahaya.

Sementara dikutip dari dari Medical News Today dan kompas.com, asupan kalori yang menurun, sel tubuh pun stres lantaran tidak cukup kalori untuk bisa berfungsi normal.Akhirnya, sel tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan cara mengurangi kebutuhan kalori yang digunakan untuk menjalankan fungsi tubuh. Kalori sedikit, maka energi menjadi minim.

Puasa memang bukanlah waktu yang Ibadah puasa, bagi sebagian orang, menjadi salah satu alasan di balik pembatasan aktivitas. Salah satunya berolahraga saat bulan Ramadhan.

Dengan demikian kamu tetap aktif saat puasa.Kzmiu Kita masih dapat melakukan olahraga di tengah puasa, menahan lapar dan haus dengan mengatur jadwalnya di waktu-waktu tertentu. Seperti menjelang azan magrib atau setelah berbuka puasa. Sebab, berolahraga penting dilakukan supaya mencegah stres, tubuh tetap bugar dan tidak kaku sehingga berat badan bisa dikontrol. Agar olahraga selama bulan puasa berjalan lancar dan konsisten walau belasan jam tidak mendapat asupan makan dan minum,

dikutip dari Womenshealthmag.com inilah yang harus diperhatikan saat berolaga agar tetap aktif saat puasa, salah satunya terkait waktu olahraga.

1. Cegah dehidrasi .Kekurangan cairan saat hari-hari biasa pun tidak baik bagi tubuh, apalagi ketika menjalankan ibadah puasa yang mengharuskan kita menahan lapar dan haus selama belasan jam. Bila kekurangan cairan saat berpuasa maka kita akan merasa cepat lelah ketika berolahraga. Cara untuk tetap terhidrasi ketika bulan puasa adalah dengan banyak meminum air dari rentang waktu berbuka puasa hingga sahur. Selain dari air, kita juga bisa menghidrasi tubuh dengan memakan buah dan sayuran tertentu yang kadar airnya tinggi, seperti semangka, jeruk, apel, blueberry, mentimun, tomat, dan bayam.Kamu pun juga dengan mudah bisa mengetahui tanda-tanda tubuh mengalami dehidrasi ketika berpuasa.Tanda-tanda itu di antaranya, Pusing Kelelahan Merasa tidak bertenaga, Urin berwarna gelap Merasa sangat haus Mual, Kram otot, dan Detak jantung cepat.

2. Sebelum Buka puasa, Waktu yang tepat Berolahraga dalam keadaan puasa memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kita menghadapi stres harian dan cuaca panas.Dengan menentukan waktu yang tepat, berolahraga dapat dijalankan secara aman dan berkelanjutan. Dikutip dari kompas.com, Dokter umum asal Inggris, Dr. Sayyada Mawji juga menyarankan agar kita berolahraga sebelum buka puasa. Bisa juga antara buka puasa dan sahur sebelum memulai puasa berikutnya adalah waktu yang baik. "Karena kita bisa makan dan minum setelah berolahraga dan mengisi kembali serta rehidrasi tubuh," kata dia

Yang terpenting adalah olahraga dilakukan secara konsisten untuk menjaga kebugaran sembari mengecek kondisi fisik. adengan demikian kamu bisa tetap aktif saat puasa. (*)

Editor : Alfa

Latest