Follow Us

Hidup Harmonis Bersama Hewan Peliharaan di Rumah Kecil Tanpa Terganggu

Alfa - Kamis, 17 Maret 2022 | 17:07
 Salah saatu manfaat kesehatan lain dari memiliki hewan peliharaan mampu membuat perasaan kesepian berkurang dan meningkatnya kesempatan untuk berolahraga dan aktivitas luar ruangan serta sosialisasi.
Dominic Buccilli from Pexels

Salah saatu manfaat kesehatan lain dari memiliki hewan peliharaan mampu membuat perasaan kesepian berkurang dan meningkatnya kesempatan untuk berolahraga dan aktivitas luar ruangan serta sosialisasi.

WIKEN.ID - Memelihara dan merawat hewan peliharaan di rumah seperti kucing, anjing, ikan hias, dan lain sebagainya mungkin jadi suatu hal yang menyenangkan bagi setiap pemilik hewan peliharaan.

Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga mampu untuk mengusir rasa kesepian bagi seseorang, sekaligus bagian dari keluarga atau sahabat sejati di rumah. Namun, tahukah kamu kalau masih banyak segudang manfaat yang ada dalam kegiatan memelihara hewan peliharaan di rumah?ada banyak manfaat kesehatan saat memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing atau kucing yang dapat meningkatkan kesempatan untuk berolahraga, keluar rumah dan bersosialisasi.

Berjalan atau bermain secara teratur dengan hewan peliharaan yang bisa diajak bermain dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan trigliserida.

Hewan peliharaan dapat membantu mengelola kesepian dan depresi dengan memberi pemiliknya rasa persahabatan yang terikat dalam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ikatan antara manusia dan hewan peliharaan dapat meningkatkan kebugaran, menurunkan stres, dan membawa kebahagiaan bagi pemiliknya.

Beberapa manfaat kesehatan lain dari memiliki hewan peliharaan mampu membuat perasaan kesepian berkurang dan meningkatnya kesempatan untuk berolahraga dan aktivitas luar ruangan serta sosialisasi.

ddikutip dari kompas.com, Dalam sebuah penelitian, Harold Herzog, yang merupakan seorang psikolog dan profesor pecinta hewan peliharaan di Western Carolina University mengungkapkan sebagian manfaat kesehatan yang jelas dalam memelihara hewan peliharaan.

Tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi, lebih sedikit serangan jantung dan kesepian, tekanan darah dan kesejahteraan psikologis jadi lebih baik, tingkat depresi dan stres lebih rendah, peningkatan harga diri, tidur yang lebih baik.Namun untuk memiliki hewan peliharaan di rumah tak mudah.

Banyak orang mengurungkan niatnya untuk memiliki hewan peliharaan karena terbatasnya lahan di rumah.

Memiliki hewan peliharaan artinya kita harus siap dengan semua tanggung jawabnya, termasuk menyediakan ruang untuk mereka. Namun, untuk kamu yang tak memiliki hunian yang luas, entah hanya tinggal di apartemen atau kamar kos, bukan berarti kamu tak bisa memiliki teman berbulu.

Lalu bagaimana caranya agar bisa hidup harmonis dengan hewan peliharaan di ruang kecil? Berikut tipsnya yang dilansir dari Housepedia seperti yang dikutip dari Kompas.com.Tips 1. Pilih perabotan minimalis Berfokuslah untuk memiliki perabotan yang minimalis.

Editor : Alfa

Baca Lainnya

Latest