Follow Us

Kenali 4 Penyakit Kucing yang Membahayakannya, Apa Saja?

Alfa - Minggu, 28 November 2021 | 09:44
Memelihara kucing di rumah perlu ketelitian terutamaa masalah kesehatannya.
www.petmd.com

Memelihara kucing di rumah perlu ketelitian terutamaa masalah kesehatannya.

WIKEN.ID - Memelihara kucing di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi stres serta menjadikan hidup pemiliknya lebih bahagia.

Memelihara kucing di rumah sebenarnya tidaklah sulit.

Memelihara kucing di rumah perlu ketelitian terutamaa masalah kesehatannya.

Semua jenis kucing wajib divaksin, baik kucing rumahan maupun kucing yang tinggal dalam populasi besar seperti tempat penampungan hewan Vaksin kucing berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terinfeksi suatu agen patogen.

Vaksin untuk kucing ditujukan untuk melawan virus pembawa penyakit dan ada juga vaksin untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri tertentu.

Jika pada manusia, satu vaksin biasanya bertujuan untuk melawan satu jenis penyakit, pada kucing berbeda.

"Saat ini kebanyakan vaksin untuk kucing yang beredar di Indonesia adalah satu injeksi vaksin untuk imunisasi berbagai penyakit sekaligus. Jadi satu kali suntik berisi beberapa penyakit," ujar dokter hewan Yeremia Yobelanno Sitompul, M.Sc, dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Undana, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sekaligus praktisi hewan kesayangan dan eksotik yang dikutip dari wawancara Kompas.com.

Namun yang jelas, kata Yeremia, ada yang disebut vaksin utama (core vaccine) dan vaksin tambahan (non-core vaccine).

"Vaksin utama (core vaccine) itu untuk penyakit-penyakit yang penyebarannya cepat, mematikan, hingga bersifat zoonosis atau manusia dapat tertular" ungkapnya

Beberapa penyakit mematikan yang umum dialami kucing dan memerlukan core vaccine antara lain calici atau feline calicivirus, feline herpesvirus, feline panleukopenia virus, dan rabies.

Baca Juga: Rumah Bau Kencing Kucing? Bersihkan dengan 5 Cara Mudah Ini!

Berikut 4 penyakit mematikan yang umum menyerang kucing.

Editor : Alfa

Latest