Follow Us

Selain Murah Meriah, Manfaat Mentimun Sangat Luar Biasa untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Cara Ini

Alfa - Jumat, 16 Juli 2021 | 10:07
 manfaat mentimun rebus ternyata baik untuk tubuh.
pixnio.com

manfaat mentimun rebus ternyata baik untuk tubuh.

WIKEN.ID - Mentimun adalah tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.

Potongan buah mentimun juga digunakan untuk kesehatan tubuh.Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim.

setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (berkelamin ganda).

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih.

Baca Juga: Satu Indonesia Jangan Sampai Gigit Jari! Kelapa yang Dianggap Sehat Justru Berbahaya Kalau Diminum Orang dengan Kondisi Ini

Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi.Mentimun sering jadi pelengkap hidangan makanan, seperti menjadi lalap dan acar. Mentimun atau biasa disebut timun ini jarang menjadi hidangan utama.

Padahal, mentimun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Mentimun mengandung 95 persen kadar air sehingga sangat membantu mengatasi dehidrasi.

mentimun juga kaya vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya vitamin C.

Manfaatnya tak hanya saat dimakan, tapi juga bisa untuk pemakaian luar di daerah kulit. Berikut manfaat tak terduga dari buah mentimun seperti dikutip dari Boldsky.com.

Pertama, untuk Kesehatan kulit dan rambut. Mentimun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari.

Editor : Alfa

Latest