Follow Us

Harap Dipahami Wanita, Ternyata ada 4 Macam Gangguan Haid, Pihak Keluarga Sebaiknya Juga Tahu, Untuk Apa?

Alfa - Jumat, 09 Oktober 2020 | 20:05
iLUSTRASI
FREEPIK

iLUSTRASI

WIKEN.ID - Menstruasi atau haid adalah siklus wajar yang akan dialami oleh setiap wanita yang memiliki kondisi kesehatan normal.

Baca Juga: Kelakuannya Gak Kalah Dari ABG yang Lagi Dimabuk Cinta, Aksi Gelendotan Manja Mantan Istri Kiwil Bareng Suami Barunya Bikin Warganet Jijik, Meggy Wulandari: Ini Kan Beda, Ini Suami Sendiri!

Tetapi, pada saat haid, dapat pula terjadi beberapa hal yang mungkin bisa mencemaskan para wanita itu sendiri maupun keluarga. Beberapa gangguan atau perubahan keadaan yang terjadi pada saat menstruasi tersebut pasalnya bisa berujung fatal apabila tidak disikapi dengan tepat.

Maka dari itu, penting kiranya bagi para wanita, termasuk para pria untuk memahami berbagai gangguan haid sebagai langkah antisipasi terhadap kondisi kesehatan yang tidak dinginkan.

Baca Juga: Berkendara Sambil Angkat Ban Depan, Pengendara Honda Supra X 125 Oleng dan Hajar Toyota Rush

Baca Juga: Ternyata Otaknya Encer! Terungkap Sosok Ganteng yang Digadang-gadang Bakal Bikin Ayu Ting Ting Mantap Lepaskan Status Janda Depok, Umi Kalsum Pede Umbar-umbar: Calonnya Teteh?

Melansir Buku Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi 2 (2009) oleh dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba, Sp.OG, dkk., terdapat beberapa macam gangguan haid yang bisa dialami oleh para wanita.

Baca Juga: Ternyata Otaknya Encer! Terungkap Sosok Ganteng yang Digadang-gadang Bakal Bikin Ayu Ting Ting Mantap Lepaskan Status Janda Depok, Umi Kalsum Pede Umbar-umbar: Calonnya Teteh?

Berikut jenis gangguan haid dan penjelasannya:

pERTAMA . Perdarahan di luar haid Perdarahan di luar haid dapat disebut juga sebagai metroragia. Perdaragan ini dapat disebabkan oleh keadaan yang bersifat hormonal atau kelainan anatomis. Pada kelainan hormonal, terjadi gangguan poros hipotalamus-hipofise, ovarium atau indung telur, dan rangsangan estrogen dan progesteron.

Baca Juga: Putri Cantiknya Dipersunting Pangeran Keraton, Paras Cantik Ibunda Reisa Broto Asmoro Bikin Netizen Susah Kedip: Mamanya Aja Secantik Ini..

Halaman Selanjutnya

Editor : Wiken

Baca Lainnya

Latest