Follow Us

Didi Kempot Meninggal Dunia, Sosoknya Ternyata Sangat Terkenal di Negara Suriname. Ini Sejarahnya

Alvin Bahar - Selasa, 05 Mei 2020 | 13:00
Didi Kempot Live In Suriname 2018
YouTube

Didi Kempot Live In Suriname 2018

WIKEN.ID - Penyanyi campursari Didi Kempot meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/5/2020).

Didi Kempot diketahui meninggal dunia pada usia 53 tahun pukul 07.30 WIB. Hal ini disampaikan Lilik, kakak kandung Didi Kempot, dalam wawancara di KompasTV.Sosoknya adalah seniman hebat. Tidak hanya terkenal di negeri sendiri, tapi juga di negara lain. Yang terbesar kedua setelah Indonesia adalah Suriname.

Seperti apa sejarahnya?Mungkin kalian tahu kalo suku Jawa sudah berada di Suriname sejak akhir abad ke-19, di mana angkatan pertamanya dibawa oleh kolonis Belanda dari Hindia Belanda (sekarang Indonesia) sehingga dinamakan etnis Jawa-Suriname.

Baca Juga: Menengok Kembali Fenomena Sobat Ambyar, Fans Muda Didi Kempot yang Bukan Karbitan

Sebagian keturunan mereka ada yang tinggal di Belanda. Sampai sekarang, mereka tetap menuturkan bahasa Jawa. Jauh dari rumah bukan halangan bagi mereka untuk mencintai tanah leluhur. Memori terakhir yang dibawa ke Benua Biru terus diwariskan ke anak cucu, salah satunya bahasa.

Jadi nggak heran kalo sejak awal berkarier, Lord Didi sudah tenar di Suriname. Ketika lagu Cidro direkam pada 1989, lagu tersebut nggak populer di Indonesia tapi justru terkenal di Belanda dan Suriname."Betul. Rekaman pertama tetap di Indonesia, di Musica Studio. Tapi lagu itu di Indonesia kurang populer," ujar Didi Kempot dalam video #NGOBAM Gofar Hilman.

Halaman selanjutnya>>>>>

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest