Follow Us

Sudah Diimbau Untuk Tidak Mudik, Survey Menunjukkan Jika 3 Juta Warga Indonesia Diprediksi Bakal Tetap Memilih Pulang Kampung di Lebaran 2020

Pipit - Jumat, 17 April 2020 | 14:30
Ilustrasi mudik
Tribun Sumsel

Ilustrasi mudik

WIKEN.ID - Memasuki bulan Ramadhan yang tak lama lagi, diperkirakan lonjakan mudik akan tetap ada di lebaran 2020 ini.

Padahal saat ini virus Corona diketahui tengah mewabah di Indonesia.

Walaupun banyak yang sembuh, namun virus ini bisa menyebabkan kefatalan bagi beberapa orang. terlebih lagi penyebarannya yang tergolong cepat.

Baca Juga: Meninggal Sebelum Lahirkan Sang Buah Hati, Pesinetron yang Juga Sahabat Ayu Ting Ting Ini Dimakamkan Bersama Bayinya

Oleh karena itu, pemerintah mengimbau agar masyarakat menunda bepergian atau mudik ke kampung halaman.

Meski demikian, sebuah survei menunjukkan bahwa 3 juta masyarakat di Indonesia tetap akan mudik tahun 2020 ini meski di tengah pandemi Virus Corona.

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) kepada 2.437 responden di 34 provinsi, sebanyak 63 persen menyatakan tak akan mudik pada tahun ini.

Namun, terdapat 12 persen responden yang mengatakan tetap akan mudik meski pandemi Covid-19 tengah melanda.

Sementara itu, 21 persen responden lainnya belum mengambil keputusan dan 4 persen lainnya sudah pulang kampung sebelum musim mudik.

Baca Juga: Meninggal Sebelum Lahirkan Sang Buah Hati, Pesinetron yang Juga Sahabat Ayu Ting Ting Ini Dimakamkan Bersama Bayinya

Berdasarkan data di 2019 lalu, jumlah pemudik sebesar 18,3 juta orang. Artinya, berdasarkan survei tersebut, 12 persen dari 18,3 juta orang berjumlah sekitar 3 juta masyarakat akan tetap mudik di tahun ini.

Editor : Pipit

Latest