Follow Us

Negara Terdampak Pandemi Virus Corona di Kawasan Timur Tengah dan Diperparah Sanksi Embargo, Iran Kembangkan Teknologi Kecerdasaan Buatan Sendiri Untuk Memindai Virus Covid-19

Dewa - Senin, 06 April 2020 | 18:40
Ilustrasi virus corona
Feepik

Ilustrasi virus corona

WIKEN.ID - Pasca Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi bagi Iran berupa pembatasan akses ke peralatan pengujian.

Iran mengalami kesulitan dalam memperoleh peralatan medis dan obat-obatan.

Hal ini pun memaksa salah satu negara yang paling terpukul corona di kawasan Timur Tengah itu untuk berinovasi.

Iran meluncurkan perangkat lunak (software) teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mempercepat pendeteksian virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemilik Kos-kosan Dilarang Terima Penghuni Baru, Siap-siap Dapatkan Hal Ini Kalau Berani Melanggar

Dikutip dari laman Russia Today, Senin (6/4/2020), pembuatan software AI itu diungkapkan oleh pejabat pemerintah Iran pada Sabtu waktu setempat.

Software ini dikembangkan hanya dalam waktu satu bulan oleh konsorsium yang dibentuk oleh Universitas Iran.

Mereka menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis pemindaian tomografi terkomputasi (CT) paru-paru yang berpotensi terinfeksi.

Baca Juga: Modal Dendam, Putri Konglomerat Ini Sukses Bangun Perusahaan Besar Tanpa Libatkan Sosok Sang Ayah Sebagai Salah Satu Orang Terkaya di Dunia: Gue Sebel!

Teknologi ini memungkinkan dokter untuk mengunggah gambar dan langsung menerima hasilnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Iran untuk Sains dan Teknologi Sorena Sattari terlihat mengenakan masker saat menggelar konferensi pers.

Source : tribunnews

Editor : Alfa

Latest