Follow Us

Prabowo Sebut China Negara Sahabat, Susi Pudjiastuti Balas Dengan Kalimat Menohok

Alfa - Minggu, 05 Januari 2020 | 17:55
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Twitter : @susipudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

WIKEN.ID - Hubungan Indonesia dan China kembali menegang setelah kapal penangkap ikan dan coast guard China diduga melakukan pelanggaran Zona Ekonomi Eksklusif.

Kapan penangkap ikan memasuki Perairan Natuna pada 31 Desember 2019.

Mereka juga melakukan pelanggaran ZEE seperti melakukan praktik illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing di wilayan tertitori Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Masudi meminta China untuk patuh terhadap ketentuan yang telah ditetapkan UNCLOS 1982 tentang batas teritori.

Baca Juga: Akibat Kasus Video Asusila, Luna Maya Ditawar 70 Persen, Mantan Ariel NOAH: Kena Lah Harga Diri

Selain itu kementrian Luar Negeri telah mengirimkan nota protes resmi dan memanggil Dubes China untuk Indonesia di Jakarta.

Pemerintah Indonesia tetap melakukan beberapa upaya diplomatik dengan China, agar sengketa Laut China Selatan tidak meluas sampai ke Natuna.

Kedua belah pihak sudah sepakat mengedepankan diplomasi dengan mengimplementasikan Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (DOC).

Menanggapi pelanggaran di Laut Natuna, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan bahwa hingga kini pihaknya sedang berunding untuk mencari solusi terbaik untuk permasalahan ini.

Baca Juga: Kini Bahagia dengan Richard Kevin, Inilah Kabar Mantan Suami Cut Tari yang Sangat Sabar dan Tegar Menemaninya Saat Kasus Video Asusila Dulu

“Kita tentunya masing-masing punya sikap kita mencari suatu solusi yang baik, di ujungnnya saya kira kita punya solusi yang baik,” ujar Prabowo yang dikutip dari KompasTV.

Editor : Wiken

Latest