Follow Us

Artis Pemain Film Wanita Ini Meninggal 11 Tahun Tahun Lalu, Terkuak Isi Surat Wasiat yang Ditulis Menjelang Tutup Usia

Alfa - Selasa, 22 Oktober 2019 | 17:40
Wanita ini bergelar
Dok. Tabloid NOVA

Wanita ini bergelar

WIKEN.ID - Sudah hampir lebih satu dekade berlalu legenda film horor Tanah Air, Suzzanna, meninggal dunia.

Suzzanna Martha Frederika van Osch populer dengan nama Suzzanna meninggal di Magelang, 15 Oktober 2008 pada umur 66 tahun.

Artis wanita yang lahir di Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 13 Oktober 1942, adalah bintang film horor Indonesia yang berkecimpung di dunia layar perak sejak tahun 1950-an hingga 1990-an.

Ia pun bergelar "Ratu Film Horor Indonesia" ini terkenal lewat film-film panas dan mistik seperti Bernapas dalam Lumpur (1970), film legendaris Beranak Dalam Kubur (1971), Pulau Cinta (1978), dan Ratu Ilmu Hitam (1981).

Suzzanna meninggal dunia di kediamannya di Jalan Kebondalem II No.1 Magelang, karena penyakit diabetes yang sudah lama dideritanya.

Baca Juga: Mengaku Pernah Dirasuki Nyi Roro Kidul, Pedangdut Ini Ikuti Jejak Ratu Horror Suzzana Lakukan Ritual Ini Tiap Malam Jumat

Penyebab kematiannya sempat menjadi perdebatan, karena suami keduanya, Clift Sangra, menguburkan jenazah secara diam-diam bersama pemuka agama dan ketua RT setempat, dan pihak keluarga Suzzanna sendiri baru mengetahui berita kematiannya melalui informasi dari pihak media dan tetangga.

Namun, menurut Bambang Tjatur Iswanto, penasihat hukum keluarga Suzzanna, Suzzanna memang telah berwasiat, bahwa jika meninggal tidak ingin dipertontonkan dan diupacarakan secara besar-besaran.

Suzzanna akhirnya dimakamkan di TPU Giriloyo, Magelang.

Suzzanna dimakamkan satu liang lahat dengan anaknya, Ari Adrianus dan kakaknya, Irene Beatrix van Osch.

Selain meminta tidak ingin dipertontonkan dan diupacarakan secara besar-besaran jika meninggal dunia, ada isi surat wasiat Suzzana yang misteri dan baru terungkap beberapa tahun setelahnya.

Baca Juga: Mengaku Pernah Dirasuki Nyi Roro Kidul, Pedangdut Ini Ikuti Jejak Ratu Horror Suzzana Lakukan Ritual Ini Tiap Malam Jumat

Editor : Alfa

Latest