Follow Us

Ekspedisi Pribadi Ungkap Hal Miris, Hewan Bermulut Gergaji Sudah Tak Terlihat Lagi, Masuk Dalam Daftar Hewan yang Akan Punah

Redaksi Wiken - Rabu, 23 Oktober 2019 | 20:00
Lakukan ekpedisi di Queensland, hewan bermulut gergaji ini tak nampak
Richard Pillans/CSIRO

Lakukan ekpedisi di Queensland, hewan bermulut gergaji ini tak nampak

WIKEN.ID - Pada bulan September 2019, telah dilakukan ekspedisi pribadi selama dua minggu untuk memantau dan menandai ikan hiu gergaji di Sungai Norman, Queensland, Australia.

Sekembalinya mereka dari sana ternyata mereka tak menemukan hewan tersebut.

Ikan hiu gergaji dikenal dengan gergaji bergigi yang menonjol dan dapat mendeteksi sinyal listrik dan pergerakan dari mangsa terdekat sebelum menggeseknya.

Beberapa ikan hiu gergaji dapat tumbuh hingga tujuh meter panjangnya, dengan gergaji yang berukuran sekitar seperempat panjangnya.

Ikan hiu gergaji dan ikan hiu hijau secara internasional terdaftar sebagai sangat terancam punah, dan ikan kerdil dan ikan hiu terdaftar sebagai yang terancam punah.

Keempatnya ada di habitat pesisir di Teluk Carpentaria.

Teluk itu dianggap sebagai tempat tinggal hewan tersebut.

Baca Juga: Menyedihkan karena Terancam Punah, Bukan Hiu Tetapi Sirip Ikan Ini Bisa Dijual Dengan Omzet Rp 200 Miliar per Tahun

Guardian Australia dapat mengungkapkan bahwa tiga kelompok konservasi telah menulis surat kepada Departemen Lingkungan Hidup.

Mereka meminta seperangkat aturan dan pembatasan yang akan dikenakan pada Gulf of Carpentaria Inshore Fin Fish Fishery yang dikelola Queensland.

Sebuah rencana pemulihan nasional untuk tiga spesies ikan hiu, yang diterbitkan pada tahun 2015, menyatakan ancaman utama termasuk penangkapan ikan komersial, rekreasi, perikanan adat dan perubahan habitat.

Editor : Alfa

Latest