Follow Us

Usai Beritanya Viral, Kondisi Bayi 1 Tahun Peminum Kopi Berubah, Orang Tuanya Sempat Percaya Takhayul

Alfa - Kamis, 19 September 2019 | 17:00
Khadijah Haura, bayi 1 tahun 2 bulan yang terpaksa minum lima gelas kopi tubruk sehari lantaran orangtuanya tak mampu beli susu di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.
KOMPAS.com/JUNAEDI

Khadijah Haura, bayi 1 tahun 2 bulan yang terpaksa minum lima gelas kopi tubruk sehari lantaran orangtuanya tak mampu beli susu di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

WIKEN.ID - Masih ingat dengan Khadijah, bayi usia 1 tahun 2 bulan yang minum lima gelas kopi tubruk per hari lantaran orangtuanya?

Khadijah adalah anak pertama pasangan Sarifuddin (17) dan Anita yang tinggal menumpang di rumah kakek neneknya di Dusun Bulung, Desa Tonro Lima, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Pasangan Sarifuddin (17) dan Anita bekerja sebagai buruh kupas kopra dengan penghasilan maksimal Rp 30.000-Rp 40.000 per hari.

Itu pun jika ada kelapa yang bisa diolah jadi kopra.

Baca Juga: Balita Berumur Kurang dari 2 Tahun Disuapi Kopi, Orang Tuanya Tak Pedulikan Beberapa Bahaya Kafein yang Berujung Hiperaktif

Saat bahan bakunya habis ia kerap beristirahat sampai ada bahan baku terkumpul untuk diolah.

Saat musim panen, Sarifuddin kerap beralih profesi menjadi buruh angkut padi di sawah karena upahnya lebih besar.

Namun usai panen, ia kembali menekuni profesi sebagai buruh kupas kopra.

Dengan kondisinya ini, pasangan orang tua ini tidak bisa membeli susu untuk bayinya.

Anita mengaku tidak punya banyak pilihan karena alasan pendapatan rumah tangga.

Mengenai kondisi ini, Sarifuddin, Kepala Dusun Bulung, Desa Tonro Lima, Kecamatan Matakali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, membantah warganya miskin sehingga tidak mampu membeli susu untuk bayinya yang berusia 14 bulan, dan menggantinya dengan kopi tubruk.

Editor : Alfa

Latest