Follow Us

Video-video Aksi Terbang Zero Gravity, Penumpangnya Tak Terlihat Ketakutan

Alfa - Rabu, 29 Mei 2019 | 20:00
Video aksi manuver zero gravity (G Force) dengan penumpang anak berusia 9 tahun.
Youtube :Jeremy Collins

Video aksi manuver zero gravity (G Force) dengan penumpang anak berusia 9 tahun.

WIKEN.ID - Dipicu oleh video aksi melakukan manuver zero gravity (G Force), lisensi single engine milik Capt Vincent Raditya, pilot sekaligus vlogger ini dicabut oleh Kemenhub.

Video yang menjadi pemicu lisensi Captain Vincent Raditya cabut adalah video saat pilot di salah satu maskapai penerbangan ini mengajak Limbad terbang dengan pesawat Cessna 172.

Dalam video yang telah ditonton hingga 10,8 juta ini, Captain Vincent Raditya mempraktekkan zero gravity hingga Limbad akhirnya bersuara pada ketinggian 1.500 ft.

Atas aksi manuvernya ini, Kemenhub melakukan investigasi dan menemukan fakta bahwa Captain Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan membawa penumpang yang duduk di samping Pilot (Hot Seat), tidak menggunakan shoulder harness sesuai ketentuan dalam CASR 91.105 dan CASR 91.107.

Baca Juga: Video Detik-detik Dua Motor Tabrakan Adu Banteng, Korbannya Terpental

Selain itu, Captain Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan sengaja melakukan exercise G Force (zero gravity) kepada penumpang umum.

"Itu bukan manuver yang normal atau lazim dilakukan dalam penerbangan sipil," tulis Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (29/5/2019) yang dikutip dari Kompas.com.

"Karena manuver tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada penumpang, membahayakan dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan," sambung regulator.

Baca Juga: Terungkap Sosok Wanita Pemasok Senjata Kerusuhan 22 Mei, Ini Video Penjelasan Polisi

Bahkan menurut Kemenhub, manuver tersebut bisa membuat pesawat terbang mengalami stress berlebih pada airframe atau flight control karena overload.

Hal ini bisa terjadi bila pilot tidak menguasai dengan baik aspek-aspek terbang aerobatik dan batasan performa pesawat terbang.

Editor : Wiken





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular