Follow Us

Cinta Indonesia, 5 Bule Ini Fasih Berbicara Jawa dan Menyanyikan Lagu Keroncong!

Pipit - Minggu, 05 Mei 2019 | 18:30
Cinta Indonesia, 5 Bule Ini Fasih Berbicara Jawa dan Menyanyikan Lagu Keroncong!

WIKEN.ID - Beberapa waktu yang lalu, sebuah video sekumpulan orang asing (bule) asal Jerman fasih berbicara dalam Bahasa Jawa ramai diperbincangkan.

Video yang diunggah oleh channel YouTube Timo Scheunemann tersebut memperlihatkan bule-bule yang memamerkan keahliannya.

Satu di antara bule tersebut (Timo Scheunemann) berdiri kemudian berbicara dalam Bahasa Jawa dengan fasih, dan uniknya, tanpa logat bule.

"Oke, iki cara Jawa ya. Sing gak iso cara Jawa mengko nganggo Google Translate (Oke, ini cara Jawa ya. Yang enggak bisa berbicara Bahasa Jawa nanti pakai Google Translate)."

Baca Juga : Takut Disita Petugas Bandara, Pria Ini Minum Susu 2,5 Liter Sekaligus

Baca Juga : Salah Satu Kastil di Game of Thrones Dijual, Harganya Lebih Murah Dibandingkan Flat di London!

"Aku lak sering ditakoni uwong, mas-masku iki iso Jawa apa ora. Saiki kumpul masku, wis tak takoni wis. (Aku kan sering ditanya orang, kakak-kakakku ini bisa Bahasa Jawa atau enggak. Sekarang berkumpul kakakku, aku tanya deh)," ujar Timo sambil menunjuk satu kakaknya.

Kemudian seorang kakaknya berdiri dan menyebut dirinya sudah 20 tahun pindah dari Malang dan kini menetap di Jakarta.

Kendati demikian, ia menyebut bahwa Bahasa Jawa merupakan sesuatu yang mudah baginya.

"Awakku wis 20 tahun ngilang seko Malang, saiki ndek Jakarta tapi nek ngomong Jawa yo ngene rek (Aku sudah 20 tahun pergi dari Malang, sekarang di Jakarta, tapi kalau ngomong Jawa ya mudah)." ujarnya sambil memberikan gestur jari yang menandakan 'mudah'.

Di akhir video, tampak kelima bule (empat asal Jerman, satu asal Brasil) mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019.

Baca Juga : Makan-makan Sebelum Konser, Ed Sheeran Ternyata Sempat Minta Dikirimkan Makanan Asli Indonesia Pada Renny Sutiyoso

Editor : Pipit

Latest