Follow Us

Selain Dikenal sebagai Hewan yang Pintar, Ternyata Gajah Juga Miliki Kemampuan Pecahkan Masalah dengan Gunakan Wawasan

Rebi - Senin, 08 April 2019 | 13:30
Gajah sedang makan rumput menggunakan belalainya.
Ricky Martin

Gajah sedang makan rumput menggunakan belalainya.

WIKEN.ID - Miliki empati yang tinggi dan ahli sekaligus kooperatif dengan alat-alat, gajah termasuk hewan yang berada pada bagian atas daftar mahluk paling pintar.

Sekarang, para ilmuwan menambahkan bakat baru yang ditemukan dari gajah: kemampuan untuk memecahkan masalah menggunakan wawasan (insight).

Itulah aha! moment saat ketika bola lampu internal Anda menyala dan Anda mencari solusi untuk sebuah teka-teki.

Sebelumnya, hanya sejumlah kecil spesies, termasuk primata, gagak, dan beo yang diketahui memiliki kemampuan ini.

Gajah telah gagal dalam tes lain untuk pemecahan masalah karena mereka diminta untuk menggunakan belalai , kata Preston Foerder, penulis utama penelitian terbaru dan seorang mahasiswa pascasarjana dalam psikologi komparatif di City University of New York.

Sebagai contoh, Foerder pertama kali menguji apakah tiga gajah Asia (dua betina dan satu jantan) di Taman Zoologi Nasional Smithsonian di Washington, D.C., akan menggunakan tongkat yang ditempatkan tepat di luar kandang mereka untuk mengambil makanan yang jauh dari jangkauan koper mereka.

Baca Juga : Demi Kucing Kesayangannya, Perempuan Ini Rela Bepergian 1.300 Mil Untuk Perawatan Kanker Kucingnya

"Mereka tidak kesulitan mendapatkan atau menggunakan tongkat," kata Foerder.

"Mereka menabrak mereka di dinding dan mainan; seseorang bahkan memasukkan tongkatnya ke pintu kandangnya," seolah-olah menggunakan linggis, "tetapi mereka tidak pernah menggunakan metode ini untuk mencoba mendapatkan makanan."

Saat itulah Foerder punya aha! momen miliknya sendiri.

Gajah tidak menggunakan tongkat untuk mendapatkan makanan karena mereka harus memegang tongkat dengan belalainya, yang sebenarnya merupakan tambahan untuk mencium bau dan makan.

Editor : Rebi

Baca Lainnya

Latest