Follow Us

Guru dari Desa Terpencil di Kenya Dinobatkan Jadi guru Terbaik di Dunia

Hikmah - Minggu, 07 April 2019 | 17:30
Peter Tobichi dinobatkan jadi guru terbaik di dunia
Global Education and Skills Forum

Peter Tobichi dinobatkan jadi guru terbaik di dunia

WIKEN.ID - Seorang guru matematika dan fisika di sebuah sekolah dasar di desa terpencil di Kenya memenangkan penghargaan sebagai Global Teacher Prize di Dubai, Sabtu (23/3/2019).

Guru yang bernama Peter Tabichi ini dinobatkan sebagai guru terbaik di dunia, dan berhasil mendapat hadiah uang sekitar Rp 14 miliar.

Selama menjadi guru, Tabichi menyumbangkan 80 % penghasilan bulanannya untuk kamu miskin di lingkungan desa tersbut. "Setiap hari di Afrika, kami membuka halaman dan babak baru. Hadiah ini tidak hanya bagi saya namun juga seluruh orang muda Afrika. Saya bisa ada di sini karena raihan murid-murid saya," ujar Tabichi.

Baca Juga : Unik! Dua Pria Ini Temukan Ikan Unik yang Terlihat Seperti Balok Kayu"Hadiah ini akan memberi mereka kesempatan. Hadiah ini mengatakan kepada dunia atas apa yang bisa mereka lakukan," imbuhnya setelah mengalahkan sembilan finalis dari berbagai penjuru dunia.

Melansir Media Indonesia, Varkey Foundation, yayasan asal Dubai yang menggelar acara itu memberikan penghargaan itu untuk kali kelima.

Mereka memuji dedikasi, kerja keras, dan pengabdiannya terhadap pelajarnya.

"Berkat itu semua, dia sukses memimpin sekolahnya yang berasal dari daerah miskin di pedalaman Kenya meraih gelar sekolah terbaik dalam kompetisi nasional ilmu pengetahuan," ungkap Varkey Foundation.

Baca Juga : Ketahuan Bawa Mobil Mewah, Pengemis Ini Ngamuk Saat Direkam WargaTabichi (36), kini mengajar di Keriko Mixed Day Secondary School di Desa Pwani, desa terpencil di Kenya tempat kekeringan dan kelaparan kerap melanda.Menurut Varkey Foundation, sekitar 95% pelajar di sekolah itu berasal dari keluarga miskin dan hampir sepertiganya adalah yatim piatu atau hanya memiliki satu orangtua.

Presiden Kenya Uhuru Kenyataa mengucapkan selamat kepada Tabichi lewat pesan video dan mengatakan, "Kisah Anda adalah kisah Afrika, benua muda yang penuh dengan orang berbakat."

Bagaimana menurutmu, Wikeners?

(*)

Source : Wiken

Editor : Wiken

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular